Tipe-tipe Lelaki Dan Wanita

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tipe-tipe Lelaki Dan Wanita
<Umar bin Khattab Radhiallahu Anhu berkata:

Wanita ada tiga tipe:

Pertama: wanita penurut, lembut, menjaga kehormatan dirinya, muslimah, penyayang, subur dan suka membantu keluarganya ketika sengsara, bukan malah menyengsarakan keluarganya, sedikit sekali engkau dapati mereka.

Kedua: Wanita yang menjaga kehormatannya, muslimah, hanya sebagai tempat melahirkan anaknya dan  tidak ada pada dirinya kecuali itu.

Ketiga: wanita yang buruk akhlaknya bagaikan belenggu dan kutu yang Allah jadikan pada leher siapa saja yang Dia kehendaki dan tidak ada yang bisa melepaskannya kecuali Dia.


Demikian pula, Laki-laki ada tiga tipe:

Pertama: laki-laki yang menjaga kehormatannya, muslim, cerdas, yang membawa arahan-arahan yang benar pada setiap masalah ketika datang dan tersamarkan. Jika terjadi masalah maka dia mampu keluar dari masalah tersebut dengan pendapatnya.

Kedua: laki-laki yang menjaga kehormatannya, muslim, tidak memiliki pendapat, tapi apabila datang suatu permasalahan dia mendatangi orang yang memiliki pendapat dan yang pantas untuk diajak musyawarah, maka dia mengajaknya bermusyawarah dan meminta arahannya, kemudian dia mentaati arahannya.

Ketiga: laki-laki yang bingung, serampangan, tidak meminta arahan dan tidak mentaati orang yang memberikan arahan kepadanya.


Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, jilid 3/560 no 17147.


——————————————


أنواع الرجال وأنواع النساء 

قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه :

النِّسَاءُ ثَلاَثَةٌ: 
◆امْرَأَةٌ هَيِّنَةٌ لَيِّنَةٌ عَفِيفَةٌ مُسْلِمَةٌ وَدُودٌ وَلُودٌ تُعِينُ أَهْلَهَا عَلَى الدَّهْرِ , وَلاَ تُعِينُ الدَّهْرَ عَلَى أَهْلِهَا وَقَلَّ مَا تَجِدُهَا.

◆ثَانِيَةٌ: امْرَأَةٌ عَفِيفَةٌ مُسْلِمَةٌ إنَّمَا هِيَ وِعَاءٌ لِلْوَلَدِ لَيْسَ عِنْدَهَا غَيْرُ ذَلِكَ.

◆ثَالِثَةٌ: غُلٌّ ( قيد ) قَمِلٌ يَجْعَلُهَا اللَّهُ فِي عُنُقِ مَنْ يَشَاءُ وَلاَ يَنْزِعُهَا غَيْرُهُ.

الرِّجَالُ ثَلاَثَةٌ:
◆رَجُلٌ عَفِيفٌ مُسْلِمٌ عَاقِلٌ يَأْتَمِرُ فِي الأُمُورِ إذَا أَقْبَلَتْ وَتَشَبَّهت فَإِذَا وَقَعَتْ خَرَجَ مِنْهَا بِرَأْيِهِ.

◆وَرَجُلٌ عَفِيفٌ مُسْلِمٌ لَيْسَ لَهُ رَأْي ٌ فَإِذَا وَقَعَ الأَمْرُ أَتَى ذَا الرَّأْيِ وَالْمَشُورَةِ فَشَاوَرَهُ وَاسْتَأْمَرَهُ ثُمَّ نَزَلَ عِنْدَ أَمْرِهِ.

◆وَرَجُلٌ حَائِرٌ بَائِرٌ لاَ يَأْتَمِرُ رُشْدًا وَلاَ يُطِيعُ مُرْشِدًا ...

[ مصنف ابن أبي شيبة 3/560 رقم: 17147 ]



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

2 Tanggapan

  1. Baarokallohufiikum ya ustadz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa anta baarokallahu fiik
      Maaf, kami bukan ustadz

      Hapus

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi