Pelajaran Ketiga : Azziyadah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Pelajaran Ketiga :
Azziyadah
<Bismillah
الدرس الثالث
الزيادة

Telah lewat bagi Anda pada muqodimah yang lalu, tentang bagaimana membuat wazan kalimat, bahwasanya telah kita fahami jika huruf huruf yang ada pada kalimat kalimat berbahasa Arob, bisa jadi dia adalah huruf huruf asli, ataupun sebagiannya asli sebagian lainnya huruf tambahan.

Dan diketahuinya huruf huruf tambahan dari keterjatuhannya pada sebagian pentashrif kalimat, contoh :

: (ناصَرَ، انتَصَرَ، تَناصَرَ، منصورٌ، نُصرَةٌ).

Maka (ناصَرَ) alifnya adalah tambahan karena alif tersebut gugur pada kalimat (انتَصَر), sebagai contoh.

Pada (انتصر) maka hamzah dan ta'nya, keduanya adalah tambahan karena gugur keduanya pada kata (منصور), sebagai contoh.

Dan (منصور) mim dan wawunya adalah tambahan, karena keguguran keduanya pada kalimat (نصرة), sebagai contohnya, demikianlah seterusnya seperti itu.

Bisa kita simpulkan dari hal tersebut bahwasanya asal pokok kalimat kalimat yang telah disebutkan adalah (ن ص ر) karena huruf huruf tersebut tidaklah gugur pada bagaimanapun keadaan pentashrifnya seperti yang Anda lihat.

Dan ziyadah atau huruf tambahan, tidaklah dia dihukumi sebagai huruf tambahan kecuali dengan satu syarat : agar ditambahkannya huruf kalimat pada dua huruf asli atau pokok, yakni keadaannya haruslah terdiri dari tiga huruf asli atau lebih, seperti yang telah lewat bahwa paling sedikitnya apa yang terdapat pada fi'il dan isim mujarod yakni tidak ada padanya huruf tambahan adalah terdiri dari tiga huruf.

Dan huruf tambahan yang bukan merupakan pengulangan dari huruf asli ada sepuluh, dirangkum dalam sebuah kalimat (سألتمونيها), diketahui dari pengasalan dan pentashrifan kalimat, seperti pada pembahasan yang telah lalu.

Wallohu'alam

Sumber : Kitab Fathul Wadud Allathif Bijam'i Wa Tartibi Ahammi Duruusit Tashrif Almadkhol Ilaa Ilmish Shorfi Syaikh Abu Abdirrohman Fatah Ibn Abdilhafidz Ibn Isma'il Alqodasii, halaman : 9 - 10..

https://telegram.me/BELAJAR_SHOROF
Alfaqir ilaa rohmati Robbihi Abdulloh Kisworo

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi