Pelajaran Kelima : Al-idghom (الإدغام)

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Pelajaran Kelima : Al-idghom (الإدغام)
<Definisinya adalah datangnya dua huruf yang bersukun lalu berharokat, namun berasal dari makhroj atau jalan keluar huruf yang sama dengan tanpa terpisah, diucapkan oleh mutakalim dalam sekali ucapan.

Contoh : (شدّ) asalnya adalah (شَدَدَ) dengan wazan (فعل), maka tatkala mereka berkeinginan untuk menambah halus pengucapan, mereka mengidghom yakni menggabungkan dal (الدال) yang pertama setelah disukun huruf tersebut terlebih dahulu kepada huruf dal yang kedua, berubahlah menjadi : (شدّ).

Contoh lain : (يشُدّ) asalnya adalah (يَشدُدُ), maka dipindahkanlah harokat dal yang pertama kepada syin (الشين), lalu diidghomkan dal yang pertama kepada yang kedua, maka jadilah : (يشُدّ).

Wallohu'alam

Sumber : Kitab Fathul Wadud Allathif Bijam'i Wat Tartibi Ahammi Duruusit Tashrif Amadkhol Ilaa Ilmish Shorfi Syaikh Abu Abdirrohman Fatah Ibn Abdilhafidz Ibn Isma'il Alqodasii, halaman : 14.

https://telegram.me/BELAJAR_SHOROF.
Alfaqir ilaa rohmati Robbihi Abdulloh Kisworo

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi