Pelajaran Keempat : Badal

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Pelajaran Keempat : Badal
<Bismillah
الدرس الرابع
الابدال

Ini adalah pelajaran penting pada ilmu shorof, dan definisinya adalah menjadikan huruf yang ada pada suatu posisi dengan huruf yang lain.

Dan huruf huruf yang diganti dari selainnnya ada sembilan, dirangkum pada perkataan Ibnu Malik Shohibul Alfiyah : (هدأموطيا), diantaranya adalah :

(الهاء، و الدال، و الهمزة، و التاء، و الميم، و الواو، و الطاء، و الياء، و الالف).
Alha', ad-dal, alhamzah, at-ta', almim, alwawu, ath-tho, alya', al-alif.

و اذا قيل مثلا ابدلت الهاء من التاء، فان الموجود في اللفظ الآن هو ما قبل (من) و هو الهاء، و المتروك لفظه هو ما بعد (من) و هو التاء، و على ذلك فقس.

Bila dikatakan sebagai contoh : alha' telah mengganti dari at-ta. Maka wujud keberadaannya pada lafadz sekarang adalah apa yang sebelum lafadz dari (من) yakni alha',
Dan yang ditinggalkan lafadznya adalah apa yang setelah lafadz dari (من) dan dia adalah at-ta', atas hal itu kiaskanlah.

Akan kita sebutkan pada risalah ini sebuah jadwal atau tabel yang akan menerangkan sebagian kalimat kalimat yang menggantikan sebagian hurufnya dengan huruf yang lain.
Dan adapun penyebutan syarat syarat dan pengecualian, maka hanyalah itu disebutkan pada selain ringkasan ini, dan tidak disyaratkan pada huruf huruf yang digantikan tersebut adalah huruf asli.

Wallohu'alam

Sumber : Kitab Fathul Wadud Allathif Bijam'i Wat Tartibi Ahammi Duruusit Tashrif Amadkhol Ilaa Ilmish Shorfi Syaikh Abu Abdirrohman Fatah Ibn Abdilhafidz Ibn Isma'il Alqodasii, halaman : 11.

https://telegram.me/BELAJAR_SHOROF.
Alfaqir ilaa rohmati Robbihi Abdulloh Kisworo

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi