Terjemah Kitab Al-qowa'idul Arba' (Bagian 4)

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Terjemah Kitab Al-qowa'idul Arba' (Bagian 4)
<Ditulis oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah



Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah melanjutkan,

وَالشَّفَاعَةُ شَفَاعَتَانِ: شَفَاعَةٌ مَنْفِيَّةٌ، وَشَفَاعَةٌ مُثْبَتَةٌ. فَالشَّفَاعَةُ الْمَنْفِيَّةُ مَا كَانَتْ تُطْلَبُ مِنْ غَيْرِ اللهِ فِيْمَا لاَ يَقْدِرُ عَلَيْهِ إِلاَّ الله. وَالدَّلِيْلُ قَوْلُهُ تَعَالَى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لا بَيْعٌ فِيهِ وَلا خُلَّةٌ وَلا شَفَاعَةٌ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ}

Syafa’at terbagi menjadi dua:
syafa’at manfiyyah (yang ditiadakan/ditolak) dan
syafa’at mutsbatah (yang ditetapkan/diterima).

Syafa’at yang dinafikan adalah syafa’at yang diminta kepada selain Allah dalam perkara yang tidak mampu memberikannya kecuali hanya Allah .

Dalilnya firman Allah Ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah:254)

وَالشَّفَاعَةُ الْمُثْبَتَةُ هِيَ الَّتِيْ تُطْلَبُ مِنَ اللهِ، وَالشَّافِعُ مُكْرَمٌ بِالشَّفَاعَةِ، وَالْمَشْفُوْعُ لَهُ مَنْ رَضِيَ اللهُ قَوْلُهُ وَعَمَلُهُ بَعْدَ اْلإِذْنِ، كَمَا قَالَ تَعَالَى: {مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ}.

Dan syafa’at yang ditetapkan adalah syafa’at yang diminta dari Allah. Orang yang memberi syafa’at mendapat kemuliaan dengan syafa’at tersebut, dan yang diberi syafa’at merupakan orang yang ucapan dan perbuatannya diridhai oleh Allah, setelah mendapatkan izin (dari Allah) .

Sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Tidak ada yang dapat memberi syafa’at disisi-Nya kecuali dengan izin-Nya.” (QS. Al-Baqarah:255)


bersambung insyaallah ...


Al-Qowa'idul Arba'
Oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #tauhid #aqidah #qowaidarba

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi