Sampai Seperti Itu Kedermawanan Mereka

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Sampai Seperti Itu Kedermawanan Mereka
<Dari Hajjaj, ia menceritakan,

" ركب شعبة حمارا له , فلقيه سليمان بن المغيرة , فشكى إليه , فقال له شعبة: «والله لا أملك إلا هذا الحمار , ثم نزل عنه , ودفعه إليه»

Suatu ketika, Syu'bah sedang menunggangi keledai miliknya. Lalu Sulaiman bin Al-Mughirah datang menemuinya dan berkeluh kesah kepadanya.
Maka Syu'bah berkata kepadanya, "Demi Allah, aku tidak memiliki (harta) selain keledai ini". Lantas Syu'bah pun turun dari keledainya dan memberikannya kepada Sulaiman bin Al-Mughiroh. (Hilyatul Auliya 7/146)

Nama lengkapnya adalah Abu Bistham Syu'bah bin Hajjaj. Beliau diberi gelar Amirul mukminin dalam bidang riwayat dan hadits, dan perhiasannya ahli hadits. Beliau ahli ibadah dan sangat peduli terhadap orang miskin.

Cerminan kedermawanan ulama salaf,
memberi disaat membutuhkan.
memberi disaat tidak memiliki selainnya.

"Kalian (sekali-kali) tidak akan meraih kebaikan (yang sempurna) hingga mau menafkahkan sebagian harta yang kalian cintai.." (QS. Ali Imron:92)


Disajikan oleh Tim Warisan Salaf

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://telegram.me/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi