Penafian 'Aisyah Radhiallahu 'Anha tentang Disunnahkannya Berpuasa Dari Tanggal 1 Hingga 9 Dzulhijjah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Penafian 'Aisyah Radhiallahu 'Anha tentang Disunnahkannya Berpuasa Dari Tanggal 1 Hingga 9 Dzulhijjah
<SILSILAH 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH

Memperbanyak Amal Shalih



PENAFIAN 'AISYAH RADHIALLAHU 'ANHA

Pada tulisan sebelumnya kita telah sebutkan disunnahkannya berpuasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah.

Namun dalam riwayat Muslim, Aisyah radhiallahu 'anha menegaskan tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa pada hari-hari tersebut,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، قَالَتْ: «مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَائِمًا فِي الْعَشْرِ قَطُّ»

"Sama sekali aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa pada sepuluh hari (bulan Dzulhijjah)." (HR. Muslim no.1176)

Riwayat ini yang secara zhahirnya meniadakan puasa 10 Dzulhijjah telah dijelaskan oleh para ulama dengan beberapa penjelasan berikut,

Penafian 'Aisyah radhiallahu 'anha tidak serta merta menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak berpuasa pada waktu tersebut. Terlebih terdapat hadits yang menegaskan bahwa Nabi berpuasa padanya. (Lihat Syarah Muslim lin Nawawi 8/72)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak berpuasa ketika itu dikarenakan ada sebab tertentu seperti sakit, safar, atau yang lainnya. (Lihat Syarah Muslim lin Nawawi 8/72)

Terkadang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan amalan yang beliau sukai karena khawatir diwajibkan atas umatnya. (Shahih Ibnu Khuzaimah Bab 162 dan Bab 163)

Hadits Aisyah menunjukkan bolehnya meninggalkan amalan yang utama walaupun bukan karena lemah/udzur. (Shahih Ibnu Hiban 8/372)

dan Imam Ahmad rahimahullah lebih memilih riwayat yang menetapkan daripada riwayat Aisyah yang menafikan. (Syarah Shahih Muslim Syaikh al-'Utsaimin)

Sehingga, berpuasa 9 hari Dzulhijjah termasuk amalan yang sunnah dikerjakan.

Dan Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah mengingkari orang-orang yang menganggap puasa 10 Dzulhijjah adalah bid'ah, beliau berkata,

هذا جاهل يُعلَّم، فالرسول صلى الله عليه وسلم حض على العمل الصالح فيها، والصيام من العمل الصالح

"Dia orang yang jahil sehingga harus diajari. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengimbau untuk melakukan amal shalih pada waktu tersebut, dan puasa bagian dari amal shalih." (Majmu' al-Fatawa 15/419)

wallahu a'lam


Oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #dzulhijjah #keutamaan #amalan #10dzulhijjah

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi