Nasehat Bagi Para Orang Tua Terkait Tarbiyah Anak-anak Mereka

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Nasehat Bagi Para Orang Tua Terkait Tarbiyah Anak-anak Mereka
<Nasihat teruntuk para wali tentang tarbiyah yang baik bagi anak-anak mereka dan mendidik mereka di masa pertumbuhan.

Asy-Syaikh Sholeh al-Fauzan ditanya dengan pertanyaan berikut:

"Kami memohon nasihat ringkas dari Yang mulia bagi para wali tentang bagusnya tarbiyah putra-putra mereka dan mendidik anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dengan pendidikan yang baik. Terlebih pada masa sekarang yang muncul padanya media-media sosial. Dan sungguh telah banyak pemuda dan manusia secara umum yang bergantung dengan media-media itu.

Beliau menjawab,

"Tidak diragukan lagi bahwa para wali anak didik yang masih kecil memiliki beban untuk menjaga mereka dari perkara-perkara yang akan merusak agama dan kepribadian mereka. Sehingga wajib bagi para wali untuk menarbiyah mereka dengan tarbiyah yang baik dan lurus:

Menyuruh mereka menjalankan sholat karena Rasulullah shallallah 'alaihi wa sallam bersabda,

«مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ لِسَبْعٍ، واضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي المَضَاجِعِ» .

"Suruhlah anak-anak kalian untuk menjalankan sholat ketika berumur tujuh tahun. Dan pukullah mereka karena tidak sholat ketika telah berusia sepuluh tahun. Dan pisahlah mereka ketika tidur."

Sehingga para wali mendidik mereka semenjak usia mumayiz agar menjaga beribadah, melakukan thaharah, berakhlak yang baik, agar tumbuh di atasnya (perkara-perkara yang diperintahkan,-pen)

Janganlah membiarkan mereka begitu saja sehingga mereka akan terdidik di atas perkara-perkara yang tidak dibolehkan berupa akhlak (perangai) yang buruk.

Jangan pula menyia-nyiakannya bersama sembarang anak.

Yang terpenting dari itu semua adalah tidak memberikan peluang kepada mereka untuk membuka situs-situs rendahan dan merusak. Atau malah menyediakannya untuk mereka di rumah-rumah.

Atau memberikan kesempatan kepada mereka untuk membuka hp yang sekarang menjadi sarana penarik bagi orang-orang jahat. Kecuali orang-orang dirahmati Allah.

Dibolehkan bagi siapa saja untuk menggunakan hp sebagai sarana berbicara (jarak jauh). Bahkan sangat membantu.

Adapun bagi yang mengadakan hp untuk mendapatkan pemandangan yang buruk dan pemikiran serta pemikiran yang jahat dan seruan-seruan yang menyesatkan, maka, yang seperti ini bahayanya sangat besar. Hendaklah anak-anak dijauhkan darinya dan hendaklah dijaga dengan serius."


Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/15889.
Diterjemahkan oleh: al Ustadz Fathul Mujib

#Fawaidumum #tarbiyah #pendidikan #pendidkan_anak

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi