Mereka Seperti Tanah Yang Tandus...

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Mereka Seperti Tanah Yang Tandus...
<Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah berkata,

"Betapa banyak manusia saat ini yang keadaan mereka seperti tanah yang tandus, yaitu (tanah) yang tidak bisa menampung air dan tidak menumbuhkan tetumbuhan, disebabkan mereka berpaling, lalai, dan tidak memiliki perhatian terhadap ilmu (agama)." selesai.


Syaikh mengisyaratkan kepada hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang mempermisalkan orang yang belajar ilmu agama dan mengajarkannya seperti air hujan yang turun di atas tanah yang subur, sebagian dari tanah itu bisa menampung air dan disekitarnya tetumbuhan tumbuh subur. Dengan tumbuhan dan air tersebut manusia bisa mengambil manfaatnya.

Sedangkan orang yang tidak peduli dengan ilmu syar'i diperumpamakan seperti tanah tandus yang kering, ketika air hujan turun menyiraminya, tanah tersebut tidak bisa menampung airnya dan tidak menumbuhkan tetumbuhan, jenis yang seperti ini tidak bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. ( Lihat Shahih al Bukhari no.79 dan Shahih Muslim no.2282 )


Sumber: فضل العلم وأخلاق أهله hal.38
Diterjemahkan Oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #akhlak #ilmu

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi