Kapan Puasa Asy-syuro (10 Muharram) Tahun Ini ?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Kapan Puasa Asy-syuro (10 Muharram) Tahun Ini ?
<Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan ditanya: “Puasa ‘Asyura dilaksanakan berdasarkan tanggalan kalender (hisab falaki) ataukah dengan ru’yah?”

Beliau menjawab:

صيام عاشوراء بالتحري ما فيه رؤية لكن من صام يوم الجمعة ويوم السبت فهو إن شاء الله مصيب لأنه إما أن يكون صام يوم التاسع والعاشر بناءً على التقويم وإما أن يكون صام العاشر والحادي عشر بناء ًعلى الرؤية السابقة رؤية الحج فيصوم يوم الجمعة ويوم السبت وبهذا يكون إن شاء الله موافقاً لأحد الاحتمالين إما العاشر والحادي عشر وإما التاسع والعاشر.

“Puasa ‘Asyura dilaksanakan berdasarkan prasangka yang terbesar, biasanya tidak ada ru’yah khusus.

Namun seseorang yang puasa Asyura pada hari Jum’at dan Sabtu , insya Allah akan mencukupinya. Karena Jum’at dan Sabtu itu bisa jadi merupakan tanggal 9 dan 10 Muharram jika berdasarkan kalender, atau bisa jadi pula Jum’at dan Sabtu itu tanggal 10 dan 11 Muharram jika berdasarkan ru’yah sebelumnya yaitu ru’yah haji (Dzulhijjah).

Maka hendaknya seseorang berpuasa pada hari Jum’at dan Sabtu karena pasti mencocoki salah satu dari kemungkinan tersebut, karena dua hari tersebut kalau tidak 9 dan 10, maka 10 dan 11." (selesai Jawaban Syaikh Shalih al Fauzan)
.......................................

Keterangan: Bila seseorang berpuasa di tahun 1438H ini (terkhusus kita yang berada di Indonesia) pada hari Selasa dan Rabu, maka -Insya Allah- dia telah mencocoki salah satu dari kemungkinan tersebut; kalau tidak tanggal 9 dan 10 muharam, maka tanggal 10 dan 11 muharram. wallahu a'lam


Sumber Fatwa: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/7492
Diterjemahkan oleh: Tim Warisan Salaf (AN)

#fawaidumum #puasa

Update Ilmu agama bersama Warisan Salaf di: Website I Telegram I Twitter I Google Plus I Youtube I SMS Tausiyah
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi