Hukum Memfoto Diri Sendiri Dan Mengirimkannya Kepada Keluarga Yang Jauh

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Hukum Memfoto Diri Sendiri Dan Mengirimkannya Kepada Keluarga Yang Jauh
<Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah ditanya,

Apakah boleh seseorang memfoto dirinya sendiri dan mengirimkannya kepada keluarganya pada saat hari raya atau kesempatan lainnya?

Beliau menjawab,

قد تكاثرت الأحاديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في النهي عن التصوير ولعن المصورين ووعيدهم بأنواع الوعيد، فلا يجوز للمسلم أن يصور نفسه ولا أن يصور غيره من ذوات الأرواح إلا عند الضرورة كالجواز والتابعية ونحو ذلك. نسأل الله أن يصلح أحوال المسلمين، وأن يوفق ولاة الأمر للتمسك بشريعته والحذر مما خالفها إنه خير مسئول. والله الموفق.

Banyak sekali hadits-hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang melarang menggambar/memfoto, beliau juga melaknat orang-orang yang menggambar, serta mengancam mereka dengan berbagai macam ancaman.

Sehingga TIDAK BOLEH bagi seorang muslim memfoto dirinya dan memfoto selainnya dari makhluk bernyawa kecuali ketika darurat, seperti (untuk keperluan) paspor, KTP, dan selainnya (surat ijin tinggal, SIM, dll, pen)

Kita memohon kepada Allah agar memperbaiki keadaan kaum muslimin, dan membimbing para pemimpin negeri agar berpegang teguh dengan syari'at-Nya, serta waspada dari perkara yang menyelisihi syari'at-Nya. Sesungguhnya Dia adalah sebaik-baik Dzat yang diminta.

Hanya Allah lah yang memberi taufik.


..........................
Sumber: Website Syaikh Ibnu Baaz
Diterjemahkan oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #hukumgambar #foto

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi