Bertobat Setelah Melakukan Dosa

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Bertobat Setelah Melakukan Dosa
<Allah Ta'ala berfirman,

وَالَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ ثُمَّ تَابُوا مِنْ بَعْدِهَا وَآمَنُوا إِنَّ رَبَّكَ مِنْ بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

"Orang-orang yang melakukan kejahatan (dosa), kemudian bertaubat setelah (melakukan kejahatan) itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan kamu sesudah taubat yang disertai dengan iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. " (QS. Al-A'rof:153)

Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di rahimahullah menjelaskan,

"Orang-orang yang melakukan kejahatan (dosa)" berupa kesyirikan, dosa besar, dan dosa kecil.

"kemudian bertaubat sesudah itu" yaitu dengan menyesali apa yang telah lalu, membersihkan diri dari kejahatan itu, dan bertekad kuat untuk tidak mengulanginya.

"dan beriman" kepada Allah dan kepada perkara-perkara yang Allah wajibkan beriman dengannya. Dan iman tidak akan sempurna kecuali dengan amalan hati dan amalan anggota tubuh yang berpengaruh terhadap keimanan.

"sesungguhnya Tuhan kamu sesudah (taubat yang disertai dengan iman) itu" yaitu sesudah taubat dari kejahatan dan kembali kepada ketaatan.

"adalah Maha Pengampun" Mengampuni kejahatan-kejahatan dan menghapusnya, walaupun kejahatan itu sepenuh bumi.

"lagi Maha Penyayang" dengan menerima taubat dan memberi taufiq (bimbingan) untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik dan menerimanya.


Taisirul Kariimir Rahman hal.303
Disajikan oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #taubat #akhlaq #akhlak

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi