Ambisi Terhadap Harta Dunia Dan Kedudukan Merusak Agama Seorang Muslim

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Ambisi Terhadap Harta Dunia Dan Kedudukan Merusak Agama Seorang Muslim
<Dari Ka'ab bin Malik al-Anshori radhiallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَا ذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلَا فِي غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ المَرْءِ عَلَى المَالِ وَالشَّرَفِ لِدِينِهِ

"Tidaklah dua ekor serigala yang lapar lalu dilepas di tengah sekawanan kambing lebih merusak daripada merusaknya seseorang terhadap agamanya karena ambisinya kepada harta dan kedudukan." (HR. At-Tirmidzi no.2482 dishahihkan Syaikh al-Albani)

Dalam riwayat lain,

مَا ذِئْبَانِ ضَارِبَانِ يَأْتِيَا فِي غَنَمٍ غَابَ رعاؤُها بأفسدَ للناس من حبِّ الشَّرفِ والمالِ لدينِ المؤمن

"Tidaklah dua serigala yang ganas (karena kelaparan,pen) mendatangi sekawanan kambing yang ditinggal penggembalanya lebih merusak bagi manusia dibandingkan merusaknya ambisi kepada kedudukan dan harta bagi agama seorang mukmin."

Berkata al-Imam Ibnu Rojab al-Hanbali rahimahullah

"Ini merupakan perumpamaan yang sangat agung dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang kerusakan agama seorang muslim akibat ambisinya terhadap harta dan kedudukan dunia.

Dan bahwasanya kerusakaan agama yang timbul akibat ambisi tersebut tidak lebih ringan dibandingkan kerusakan sekawanan kambing akibat buasnya dua ekor serigala yang kelaparan yang mengincarnya di malam hari ketika pemiliknya tidak ada, lantas dua serigala itu pun memakan dan mencabik-cabik sekawanan kambing tersebut.

Tentu saja kambing itu tidak akan selamat dari kerusakan yang diakibatkan serangan dua ekor serigala kecuali sedikit saja.

Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengkhabarkan bahwa kerusakan agama seseorang akibat ambisinya terhadap harta dan kedudukan tidak kalah dengan kerusakan yang ditimbulkan dua ekor serigala itu terhadap sekawanan kambing tersebut, bisa jadi kerusakannya sama atau bahkan lebih besar lagi.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengisyaratkan bahwa agama seseorang tidak akan selamat jika disertai ambisi kepada harta dan kedudukan dunia kecuali sedikit saja. Sebagaimana sekawanan kambing tidak selamat dari kerusakan dua ekor serigala kecuali sedikit saja.

Maka perumpamaan yang agung ini berisi peringatan keras dari jeleknya ambisi kepada harta dan kedudukan dunia."


Sumber: Majmu' Rosail Ibnu Rojab hal.63-64
Disajikan oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum #akhlaq #akhlak #ambisi #dunia

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi