Tingkatan Puasa Yang Paling Ringan Adalah Meninggalkan Makan Dan Minum

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tingkatan Puasa Yang Paling Ringan Adalah Meninggalkan Makan Dan Minum
<Asy Syaikh al 'Allamah Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah

"Wajib atas orang yang berpuasa menjaga diri dari dusta, ghibah (menggunjing), dan mencela. Meski ada orang lain yang mencelanya atau menghinanya, hendaknya dia katakan: sesungguhnya saya sedang puasa.

Sebagian orang tidak berat baginya meninggalkan makan dan minum, namun tidak mudah baginya meninggalkan ucapan dan perbuatan buruk yang jadi kebiasaannya. Oleh karenanya sebagian salaf mengatakan: tingkatan puasa yang paling ringan adalah meninggalkan makan dan minum."

Al Mulakhkhas al Fiqhi/Bab Fii Masadatish Shaum 1/385

http://t.me/ukhwh


❐ قـال ‏الـشيخ الـعـلامہ صـالح الـفوزان
حفظہ الله تعالـﮯ :

« ويجـب علـى الصائـم اجـتناب كـذب وغيـبة وشتـم ، وإن سـابه أحـد أو شـتمـه ، فـليقـل : « إنـي صـائـم » ، فـإن بعـض الناس قـد يسـهل علـيه تـرك الطـعام والشـراب ، ولكـن لا يـسهل علـيه تـرك مـا اعـتاده مـن الأقـوال والأفعـال الـرديئة ، ولـهذا قـال بعـض السلـف : أهـون الصـيام تـرك الطـعام والشـراب »

【 الملخص الفقـهي/ بـاب في مفسـدات الصـوم صـ(385) جـ الأول 】

ـ╗═════════╔


ـ╝═ ══════╚

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi