Perbedaan Istighfar Dengan Taubat

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Perbedaan Istighfar Dengan Taubat
<Ibnul Qoyyim berkata:

"Istighfar ada dua macam:

1. Murni istighfar

2. Istighfar disertai taubat.

Contoh murni istighfar adalah ucapan nabi Nuh:

"Maka aku katakan kepada kaumku, "Mintalah ampunan kepada Rabb kalian, karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun.""

Sedangkan contoh istighfar bersama taubat adalah (firman Allah),

"Mintalah ampunan kepada Rabb Kalian kemudian bertaubatlah niscaya kalian akan diberi kesenangan yang baik hingga batas waktu tertentu dan setiap orang yang memiliki keutamaan akan diberi keutamaan, akan tetapi jika kalian berpaling maka aku hawatir jika kalian akan ditimpa adzab di hari yang sangat besar."

Maka murni istighfar sama dengan taubat, dan ketika keduanya digandengkan maka istighfar bermakna meninggalkan jalan yang bathil, sedangkan taubat bermakna kembali ke jalan kebenaran. Tetapi jika dua perkara ini disendirikan, maka masing-masingnya mencakupi dua makna sekaligus (istighfar dan taubat)

(kedudukan taubat)

Channel:
Madarijussalikin

الاستغفار نوعان: مفرد ومقرون بالتوبة. فالمفرد كقول نوح عليه السلام لقومه: (فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا)، والمقرون (وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ). فالاستغفار المفرد كالتوبة، وعند اقترانهما فالاستغفار مفارقة طريق الباطل والتوبة الرجوع إلى طريق الحق. وعند إفراد أحدهما يتناول الأمرين.
(منزلة التوبة)

قناة مدارج السالكين



WhatsApp Salafy Cirebon
Gabung di Channel Telegram :
http://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiyah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi