Niat Yang Ikhlash

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Niat Yang Ikhlash
<Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

Adapun niat, maka ia merupakan puncak semua perkara agama, tiangnya, asasnya, dan pondasinya yang di atasnya perkara agama dibangun. Niat juga merupakan ruh (pendorong) sebuah amalan, pengarah dan penuntunnya.

Adapun amalan, ia selalu mengikuti niat dan dibangun di atasnya. Amalan menjadi benar karena niat yang benar dan amalan menjadi rusak karena niat yang rusak.

Hanya dengan niat yang lurus taufiq bisa diperoleh, sedangkan tanpa niat yang lurus yang dipetik hanyalah kegagalan, dan tingkatan-tingkatan derajat manusia di dunia dan akhirat ditentukan oleh niat-niat mereka.

I'lamul Muwaqqi'in (4/152)

~~~

قال ابن القيم رحمه الله :
فأما النية فهي رأس الأمر وعموده وأساسه وأصله الذي عليه يبنى؛ فإنها روح العمل وقائده وسائقه، والعمل تابع لها يبنى عليها، يصح بصحتها ويفسد بفسادها وبها يستجلب التوفيق، وبعدمها يحصل الخذلان، وبحسبها تتفاوت الدرجات في الدنيا والآخرة.

إعلام الموقعين (٤/١٥٢)



WhatsApp Salafy Cirebon
Gabung di Channel Telegram :
https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiyah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi