Menggapai Taubat Yang Hakiki

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Menggapai Taubat Yang Hakiki
<Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata:

"Diantara sebab terwujudnya taubat yang hakiki adalah seseorang menganggap besar dosa yang diperbuatnya dan menuduh kebenaran taubatnya.

Adapun *menganggap besar dosa yang diperbuat*, hal ini dikarenakan apabila seseorang meremehkan dosanya, tentu dia tidak akan menyesalinya.

Maka, besar kecilnya penyesalan atas dosa yang diperbuat sesuai dengan anggapannya terhadap dosa tersebut.

Adapun *menuduh kebenaran taubatnya*, tujuannya agar dia mencurahkan segenap kesungguhannya dalam mewujudkan taubatnya. Sehingga dia dalam kondisi takut seandainya dia belum menunaikan konskwensi dari taubatnya, seperti keadan seseorang yang bertaubat karena ingin beristirahat dari perbuatan dosa, ataupun karena ingin menjaga kehormatan, harta dan kedudukannya, ataupun karena lemahnya dorongan maksiat dalam hatinya, ataupun karena api syahwatnya telah padam.

Maka, semua alasan-alasan ini mencacati taubat yang dilakukan karena takut kepada Allah.

Channel Madarijus Salikin.



16- من حقائق التوبة: تعظيم الجناية واتهام التوبة. فأما تعظيم الجناية إذا استهان بها لم يندم عليها وعلى قدر تعظيمها يكون ندمه على ارتكابها. وأما اتهام التوبة ليبذل جهده في صحتها فيخاف أنه ما وفاها حقها ، كمن تاب طلباً للراحة من تحصيل الذنب ، أو إبقاءً على عرضه وماله ومنصبه أو لضعف داعي المعصية في قلبه أو خمود نار شهوته ، فكل ذلك يقدح في كون التوبة خوفاً من الله.
(منزلة التوبة)
قناة مدارج السالكين

tim SC



WhatsApp Salafy Cirebon
Gabung di Channel Telegram :
http://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi