Ketentuan Orang Fakir Yang Berhak Mendapat Zakat

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Ketentuan Orang Fakir Yang Berhak Mendapat Zakat
<Syaikh Shalih Fawzan bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah

Pertanyaan:
Ada kesulitan di masa sekarang ini tentang keberadaan orang fakir yang tidak mendapati bahan makanan pada seharinya, dimana saya menyaksikan pada salah satu yayasan di Madinah Riyadh, bahwa mayoritas orang yang mengambil zakat fitrah adalah orang-orang mendapati bahan makanan selama sebulan atau setahun. Lantas bolehkah memberikan kepada mereka zakat fitrah?

Jawaban:
Wahai saudaraku, tidak seorangpun berpendapat, tidaklah diberikan zakat melainkan kepada orang yang tidak memeliki bahan makanan sehari semalamnya, tidak seorangpun berpendapat seperti ini. Hendaknya engkau berikan zakat fitrah kepada seorang fakir dan orang fakir yaitu orang yang tidak mendapati sesuatu yang mencukupinya untuk waktu setahunnya. Dengan ketentuan tidak mendapati sesuatu yang mencukupinya untuk masa setahunnya, inilah kategori orang fakir yang diberikan kepadanya zakat mal dan diberikan zakat fitrah. Adapun seseorang dipersyaratkan memiliki bahan makanan sehari semalamnya, maka ini syarat untuk yang mengeluarkan zakat fitrah, bukan untuk yang diberi zakat."

https://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/4586

http://t.me/ukhwh

ضابط من يستحق زكاة الفطر

السؤال
هناك صعوبة في الوقت الحالي في وجود فقير لا يجد قوت يومه ، حيث أني شاهدت في أحد الجمعيات في مدينة الرياض أن أغلب الذين يأخذون زكاة الفطر هم أناس يجدون قوت أشهر أو سنة فهل جائز إعطاؤهم الزكاة - زكاة الفطر ؟

الجواب: يا إخواني لم يقل أحد ما تُعطى إلا الذي ليس عنده مئونة يومه وليلته ، لم يقل هذا أحد ، تُعطى للفقير، والفقير هو الذي لا يجد ما يكفيه لسنته ، بأن لا يجد ما يكفيه لسنته ، هذا هو الفقير، يُعطى من زكاة المال ويُعطى من زكاة الفطر، أما الذي يشترط قوت يومه وليلته هذا المُخرِج وليس المُخرَج إليه .

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi