Agar Tetap Di Atas Al Haq Dalam Mengkritik Kesalahan Seseorang

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Agar Tetap Di Atas Al Haq Dalam Mengkritik Kesalahan Seseorang
<Syaikh Rabi' bin Hadi al Madkhali hafizhahullah berkata:

"Jika Anda mengkritik seseorang, maka Anda harus berpegang teguh dengan al haq (kebenaran), kejujuran, dan keikhlasan. Sehingga tujuan kritikanmu itu tetap dalam kerangka menjelaskan al haq dan memperingatkan dari kesalahan yang berkontradiksi dengan al haq tersebut.

Dengan demikian, ketika seperti ini tujuan kritikanmu itu, maka usahamu ini mengandung maksud yang sangat mulia dan hal yang sangat agung yang patut untuk disyukuri seluruh umat dan tidak boleh seorangpun untuk menuduhmu dengan keburukan.

Sebaliknya jika Anda memiliki tujuan yang buruk dalam mengkritik dan itu menjadi jelas dengan diselidiki dan dipelajari, berarti Anda sebenarnya seorang pengikut hawa nafsu. Sehingga orangpun berhak untuk membicarakan kesalahan yang Anda lakukan ini."

An Naqd Manhaj Syar'i

http://t.me/ukhwh

قال الإمام العلامة المحدث ربيع بن هادي المدخلي ـ حفظه الله تعالى ورعاه - :


ﺃﻧﺖ ﺇﺫا ﻧﻘﺪﺕ ﺷﺨﺼﺎ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﺗﻠﺘﺰﻡ اﻟﺤﻖ ﻭاﻟﺼﺪﻕ ﻭاﻹﺧﻼﺹ ﻭﻳﻜﻮﻥ ﻗﺼﺪﻙ ﺑﻴﺎﻥ اﻟﺤﻖ ﻭاﻟﺘﻨﺒﻴﻪ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻄﺄ اﻟﺬﻱ ﻳﻨﺎﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺤﻖ.

ﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﻫﺬا ﻗﺼﺪﻙ ﻓﻬﺬا ﻣﻘﺼﺪ ﺷﺮﻳﻒ ﻭﺃﻣﺮ ﻋﻈﻴﻢ ﺗﺸﻜﺮ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ اﻷﻣﺔ ﻛﻠﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻷﺣﺪ ﺃﻥ ﻳﺘﻬﻤﻚ ﺑﺴﻮء، ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﻟﻚ ﻣﻘﺎﺻﺪ ﺳﻴﺌﺔ ﻭﺗﺒﻴﻦ ﺑﺎﻟﺴﺒﺮ ﻭاﻟﺪﺭاﺳﺔ ﺇﻧﻚ ﺻﺎﺣﺐ ﻫﻮﻯ ﻓﻠﻠﻨﺎﺱ اﻟﺤﻖ ﺃﻥ ﻳﺘﻜﻠﻤﻮﻥ ﻓﻴﻚ.


النــقـــد مـنــــهـــج شـــرعـــــــي.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi