Shalat Yang Benar Akan Berdampak Pada Perilaku Seorang Hamba

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islam Shalat Yang Benar Akan Berdampak Pada Perilaku Seorang Hamba
<Asy-Syaikh Al-'Allamah Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata :

Pada shalat yang benar akan berdampak pada perilaku seorang hamba dan pada amalan-amalan yang lainnya, Allah ta'ala berfirman :

ِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ

Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) bahwa mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). (Al-'Ankabut: 45).

Maka orang yang shalat dengan menghadirkan hatinya dan khusyu' serta mendatanginya untuk mengagungkan Allah, maka yang seperti ini dia akan keluar dengan sholat yang memberi manfaat baginya yaitu akan mencegahnya dari kejelekan dan kemungkaran, serta dia akan mendapatkan kemenangan.

Adapun orang yang shalat dengan shalat yang pura-pura (palsu), tanpa menghadirkan hatinya, tanpa ke khusyuan', hatinya di lembah dan jasadnya di lembah yang lain, maka yang seperti ini tidak akan mendapatkan manfaat dari shalatnya itu selamanya."

Al-Muntaqa min Fatawa asy-Syaikh al-Fauzan 3/53-54


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال الشيخ العلامه صالح الفوزان - حفظه الله- :

" للصلاة الصحيحة تأثير في سلوك العبد وأعماله الأخرى ، قال تعالى :

[ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ] " العنكبوت/45 " .

فالذي يصلي بحضور قلبه وخشوع واستحضار لعظمة الله ؛ هذا يخرج بصلاة مفيدة نافعة ، تنهاه عن الفحشاء والمنكر ، ويحصل بها على الفلاح .

أما الذي يصلي صلاة صورية ؛ من غير حضور قلب ، ومن غير خشوع ، قلبه في واد وجسمه في واد آخر ؛ فهذا لا يحصل من صلاته على طائل " .

[ " المنتقى من فتاوى الشيخ الفوزان " ( 3 / 53 ، 54 ) ] .


Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi