Perbedaan Jin dan Syaithan

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islam Perbedaan Jin dan Syaithan

<Al-'Allamah Asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz Ibnu Baaz _rahimahullah_

Pertanyaan:
"Apa berbedaan antara jin dan syaithan ?"

Jawab:
"Jin adalah rasnya jin, mereka _tsaqal_ (yang terbebani syariat) yang kedua dari makhluk Allah seperti manusia.

Allah berfirman, "Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku." ( Adz dzariyat : 56 )

maka jin adalah dari jenis makluk yang Allah ciptakan untuk beribadah kepada-Nya sama seperti manusia.

Dan Syaithan adalah golongan yang membangkang dari mereka. Syaithan bersama keturunannya yang membangkang. Demikian pula Syaithan dari kalangan manusia, sama seperti itu.

Syaithan bisa dari kalangan jin bisa juga dari kalangan manusia, dan syaithan dari kalangan jin maupun manusia semuanya tergolong Syaithan.

Sebagaimana firman Allah _ta'ala_ ,
"Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia (dan jenis) jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan." (Al An'am : 112 )

Maksudnya bahwa syaithan dari kalangan manusia atau jin adalah mereka yang membangkang atau melampaui batasan-batasan Allah, mereka itulah sesungguhnya yang dikatakan syaithan. Dan syaithan yang disebut bapaknya jin adalah pimpinannya mereka.
Begitu pula yang membangkang dari keturunan mereka dan melampaui batasan-batasan Allah juga termasuk syaithan. Dan
siapa saja yang istiqomah (dari mereka) di atas perintah Allah maka dia bukan syaithan, melainkan mereka adalah mukminin.
Sebagaimana firman Allah,
"Dan sesungguhnya di antara kami ada yang shaleh dan di antara kami ada (pula) yang selain dari itu. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda."

Dan juga Allah berfirman,
"Dan sesungguhnya di antara kami ada yang muslim dan ada (pula) yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun mereka yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi bahan bakar bagi neraka Jahannam". Al Jin: 14-15)

Maka diantara mereka ada yang muslim dan ada yang kafir, ada pula yang mubtadi' dan ada yang sunni, dan ada yang mu'tazilah dan ada yang jahmiyyah, sama seperti yang terjadi pada manusia.

Nas'alullah al 'afiyah

Sumber:
https://www.binbaz.org.sa/noor/1553




❐ لِفَـضِيلَةِ الشَّـيْخِ العَـلَّامَـةِ
عَبْـد العَـزِيز اِبْـنُ بـاز رَحِـمَهُ الله

❪✵❫ السُّـــ↶ــؤَال ُ:

مـا الفـرق بيـن الجـن والشياطـين؟

❪✵❫ الجَــ↶ـــوَابُ :

الجـن جنـس الجـن، هـم الثـقل الثـاني مـن المخلـوقات مـثل الإنـس، يقـول الله سبـحانه : « وَمَـا خَلَقْـتُ الْجِـنَّ وَالْأِنْـسَ إِلَّا لِيَعْـبُدُونِ » (الـذاريات : 56) فالجـن هـم جـنس مـن المخلـوقات خلـقهم الله لعـبادته كـالإنس، والـشياطين المـردة مـنهم، الشيـطان وذريـة الـمردة، وهـكذا شـياطين الإنـس مـثل ذلـك

فالشـياطين يكـونون مـن الجـن ويكـونون مـن الإنـس، فالشـيطان الإنسـي والشـيطان الجـني داخـلون فـي الشياطـين، كـما قـال تـعالى : « وَكَـذَلِكَ جَعَـلْنَا لِكُـلِّ نَبِـيٍّ عَـدُوّاً شَـيَاطِينَ الْأِنْـسِ وَالْجِـنِّ يُوحِـي بَعْضُـهُمْ إِلَـى بَعْـضٍ زُخْـرُفَ الْـقَوْلِ غُـرُوراً وَلَـوْ شَـاءَ رَبُّـكَ مَـا فَعَـلُوهُ فَـذَرْهُمْ وَمَـا يَـفْتَرُونَ » (الأنعـام :112).

فالمقـصود أن الشـياطين يكـونون مـن الجـن ومـن الإنـس وهـم الـمردة المتعـدون لحـدود الله، يـقال لهـم : شـياطين، والشـيطان الـذي هـو أبـو الجـن هـو رأسهـم، وهكـذا مـن تمـرد مـن ذريتـه وتـعدى الحـدود هـو شيـطان، ومـن اسـتقام عـلى أمـر الله فليـس مـن الشيـاطين بـل مـن المـؤمنين، كـما قـال -تعـالى- فـي الجـن : « وَأَنَّـا مِـنَّا الصَّالِحُـونَ وَمِـنَّا دُونَ ذَلِـكَ كُـنَّا طَـرَائِقَ قِـدَداً » (الجــن :11)

وقـال أيضـا عـن الجـن : « وَأَنَّـا مِـنَّا الْمُسْلِمُـونَ وَمِـنَّا الْقَاسِطُـونَ فَمَـنْ أَسْلَـمَ فَـأُولَئِكَ تَحَـرَّوْا رَشَـداً ۞ وَأَمَّـا الْقَاسِطُـونَ فَكَانُـوا لِجَـهَنَّمَ حَطَـباً » (الجـن : 14-15) فهـم فيـهم المسـلم والكافـر، فيـهم المبـتدع والسـني، فيهـم الـرافضي والسـني، فيـهم الشـيوعي، فيـهم المعـتزلي والجـهمي،
مـثل مـا فـي الإنـس، نسـأل الله العافـية.

▣ المَـصْــدَر مِـنْ هُنــ↶ـا :
 https://www.binbaz.org.sa/noor/1553

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

📮 *WhatsApp SaLaM || Salafy Makassar*
_Mempererat Ukhuwah dengan Salam_
 
🔵 *Channel Telegram* https://t.me/salafymakassar

🖥  *Website* http://salafymakassar.net

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi