Perbedaan Antara Pelaku Bid'ah Dengan Mubtadi' (Ahlul Bid'ah)

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islam Perbedaan Antara Pelaku Bid'ah Dengan Mubtadi' (Ahlul Bid'ah)

<Al-Imam Shalih al-Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan: Semoga Allah berbuat baik kepada anda wahai yang mulia, berikut seorang penanya berkata: Apakah disana ada perbedaan antara pelaku bid'ah dengan mubtadi'? Dan kapankah seorang pelaku bid'ah keluar dari lingkup sunnah?"

Jawaban:

"Tidak ada perbedaan antara pelaku bid'ah dengan mubtadi'. Pelakunya adalah mubtadi'. Maka siapa yang terjatuh dalam satu bid'ah, dia dinamakan mubtadi'. Kecuali apabila dia seorang yang bodoh, tidak mengetahui bahwa itu adalah bid'ah, maka dia tidak dihukumi dengan ibtida' (ahlul bid'ah) hingga dijelaskan padanya bahwasanya apabila dia melakukannya dengan sengaja, mengetahui bahwasanya itu adalah bid'ah dan beramal dengannya, maka ini adalah mubtadi'.

Dan bid'ah sendiri berbeda-beda. Diantaranya ada bid'ah yang merupakan sebuah kekafiran, ada yang berupa dosa besar, ada pula yang selain itu. Maka bid'ah itu berbeda-beda. Akan tetapi semuanya haram dan sesat. Sebagaimana sabda Nabi ﷺ:
"Sesungguhnya setiap perkara yang baru (dalam agama) adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat." Beliau juga bersabda:
"Hendaklah kalian berpegang dengan sunnahku dan sunnah al-Khulafa' ar-Rasyidun setelahku. Peganglah erat-erat dan gigitlah dengan gigi geraham. Dan hati-hatilah kalian dari perkara-perkara yang baru karena semua perkara yang baru adalah bid'ah dan semua bid'ah adalah sesat."
Di dalam hadits yang lain (beliau bersabda): "Barangsiapa beramal dengan sebuah amalan yang bukan perintah kami, maka amalan itu tertolak." Dalam riwayat lain:"Barangsiapa membuat perkara baru dalam urusan (agama) kami ini, yang tidak berasal darinya, maka hal itu tertolak."

Maka segala hal yang menyelisihi dalil-dalam perkara aqidah atau pun dalam amalan-maka itu adalah bid'ah. Akan tetapi bid'ah berbeda-beda. Diantaranya ada yang mengantarkan pada derajat kekafiran. Seperti membangun (bangunan) di atas kubur, berdoa kepada orang mati, dan beristighatsah dengan orang yang mati, ini adalah kesyirikan, bid'ah syirkiyyah. Demikian pula dengan ucapan, seperti perkataan al-Qur'an makhluk, manhaj Jahmiyyah dan pengikut mereka, ini adalah ucapan bid'ah dan ini adalah kufur, karena hal ini menentang Kalamullah, mengingkari salah satu sifat dari sifat-sifat Allah Azza wa Jalla (yaitu sifat berbicara bagi Allah). Mengingkari dan mendustakan apa yang datang berupa al-Qur'an yang diturunkan dari sisi Allah. Maka ini adalah kekufuran. Ucapan ini adalah ucapan kufur yang bisa mengeluarkan dari millah (Islam). Kita memohon pada Allah keselamatan. Diantara bid'ah itu ada pula yang tidak sampai seperti itu.

Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

Abu Abdillah Rahmat

Muraja'ah: al-Ustadz Musa bin Hadi _hafizhahullah_

14 J. Akhirah 1439
02 Maret 2018

Arabic

ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺻﺎﻟﺢ ﺑﻦ ﻓﻮﺯﺍﻥ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ
ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ
ﺃﺣﺴﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻜﻢ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﻔﻀﻴﻠﺔ ، ﻭﻫﺬﺍ ﺳﺎﺋﻞ ﻳﻘﻮﻝ : ﻫﻞ ﻫﻨﺎﻙ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺻﺎﺣﺐ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ ؟ ﻭﻣﺘﻰ ﻳﺨﺮﺝ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻨﺔ ؟
ﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ، ﺻﺎﺣﺒﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻉ ﻓﻤﻦ ﺍﺭﺗﻜﺐ ﺑﺪﻋﺔ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺴﻤﻰ ﻣﺒﺘﺪﻋﺎً، ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺟﺎﻫﻼً ﻻ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻧﻬﺎ ﺑﺪﻋﺔ ﻓﻼ ﻳﺤﻜﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺎﻻﺑﺘﺪﺍﻉ ﺣﺘﻰ ﻳﺒﻴﻦ ﻟﻪ ﺃﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﺘﻌﻤﺪﺍً ﻭﻋﺎﺭﻓﺎً ﺃﻧﻬﺎ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﻋﻤﻞ ﺑﻬﺎ ﻫﺬﺍ ﻣﺒﺘﺪﻉ، ﻭﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﺗﺨﺘﻠﻒ، ﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻫﻮ ﻛﻔﺮ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻫﻮ ﻛﺒﻴﺮﺓ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺩﻭﻥ ﺫﻟﻚ؛ ﻓﺎﻟﺒﺪﻉ ﺗﺨﺘﻠﻒ، ﻭﻟﻜﻦ ﻛﻠﻬﺎ ﻣﺤﺮﻣﺔ ﻭﺿﻼﻟﺔ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :- " ﻭﺇﻥ ﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ " ، ﻗﺎﻝ - ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ :- " ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺑﺴﻨﺘﻲ ﻭﺳﻨﺔ ﺍﻟﺨﻠﻔﺎﺀ ﺍﻟﺮﺍﺷﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺑﻌﺪﻱ، ﺗﻤﺴﻜﻮﺍ ﺑﻬﺎ، ﻋﻀﻮﺍ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻨﻮﺍﺟﺬ، ﻭﺇﻳﺎﻛﻢ ﻭﻣﺤﺪﺛﺎﺕ ﺍﻷﻣﻮﺭ؛ ﻓﺈﻥ ﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﺑﺪﻋﺔ، ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ " ، ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻷﺧﺮ : " ﻣﻦ ﻋﻤﻞ ﻋﻤﻼً ﻟﻴﺲ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ " ، ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ : " ﻣﻦ ﺃﺣﺪﺙ ﻣﻦ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻣﻨﻪ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ " ؛ ﻓﻜﻞ ﻣﺎ ﺧﺎﻟﻒ ﺍﻷﺩﻟﺔ ﻓﻲ ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻤﻞ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﺑﺪﻋﺔ، ﻟﻜﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺗﺨﺘﻠﻒ ﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻰ ﺣﺪ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﺒﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ ﻭﺩﻋﺎﺀ ﺍﻷﻣﻮﺍﺕ ﻭﺍﻻﺳﺘﻐﺎﺛﺔ ﺑﺎﻷﻣﻮﺍﺕ ﻫﺬﺍ ﺷﺮﻙ، ﺑﺪﻋﺔ ﺷﺮﻛﻴﺔ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺨﻠﻖ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻟﺠﻬﻤﻴﺔ ﻭﻣﻦ ﺗﺒﻌﻬﻢ، ﻫﺬﺍ ﻗﻮﻝ ﻣﺒﺘﺪﻉ ﻭﻫﻮ ﻛﻔﺮ؛ ﻷﻧﻪ ﺟﺤﻮﺩ ﻟﻜﻼﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ، ﺟﺤﻮﺩ ﻟﺼﻔﺔ ﻣﻦ ﺻﻔﺎﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ، ﺟﺤﻮﺩ ﻭﺗﻜﺬﻳﺐ ﻟﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻤﻨﺰﻝ ﻣﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ؛ ﻓﻬﺬﺍ ﻛ
ﻔﺮ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻘﺎﻟﺔ ﻛﻔﺮ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻠﺔ، ﻧﺴﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺩون ذلك
http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=10510

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi