Jangan Hiraukan Celaan Muqallid

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islam Jangan Hiraukan Celaan Muqallid
<Berkata al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah tabaraka wa ta'ala :

"Adapun orang yang bodoh yang tabiatnya taqlid (membebek) maka jangan engkau pedulikan dia. Sikapnya yang mencelamu, mengkafirkanmu dan menganggapmu sesat, itu tidak akan memberikan pengaruh jelek kepadamu, karena itu bagaikan lolongan anjing.

Maka janganlah engkau menjadikan bagi anjing sesuatu yang punya nilai (kedudukan) di sisimu, dengan engkau membalasnya setiap kali dia melolongkan suaranya kepadamu.

Biarkan dia bergembira dengan lolongannya. Dan bergembiralah engkau dengan karunia yang ada padamu berupa ilmu, iman, dan hidayah. Dan jadikanlah berpalingnya engkau dari dirinya sebagai bagian dari rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu dan yang engkau dibuat senang dengannya."

[Ash-Shawaiqul Mursalah 3/1158]


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال الإمام ابن القيم رحمه الله تبارك و تعالىٰ - :

أما الجاهل المقلد فلا تعبأ به ولا يسوءك سبه وتكفيره وتضليله فإنه كنباح الكلب

فلا تجعل للكلب عندك قدرًا أن ترد عليه كلما نبح عليك

ودعه يفرح بنابحه وأفرح أنت بما فضلت به عليه من العلم والإيمان والهدىٰ واجعل الإعراض عنه من بعض شكر نعمة الله التي ساقها إليك وأنعم بها عليك .

الصواعق المرسلة (١١٥٨/٣)


[]
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim