Inilah Salafiyyah .. Dan Kewajiban Mengikutinya

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Inilah Salafiyyah .. Dan Kewajiban Mengikutinya
<Berkata Al-'Allamah Asy-Syaikh Al-Jami rahimahullah :

"Salafiyyah adalah sebuah metode (cara beragama), sebuah metode yang telah lama ada. Oleh sebab itu, engkau menjadi seorang salafy adalah suatu kewajiban, karena salafiyyah adalah pemahaman yang benar terhadap Islam. Maka ambillah salafiyyah ini secara tulus dan jujur.

Pemahaman yang benar terhadap Islam, baik dalam hal aqidah maupun syariat, inilah (yang dinamakan) salafiyyah. Karena maknanya (salafiyah) adalah menisbatkan kepada salaf (para pendahulu), yaitu salaf yang mereka telah dipuji oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Allah telah memuji salaf di dalam kitabNya. Pamahamilah, bahwasanya kata "as-saalif" dengan kata "as-saabiq" memiliki makna yang sama (yaitu orang yang lebih dahulu, pent), seperti di dalam firman Allah ta'ala :

(وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ...)

"Dan orang-orang yang terdahulu yang pertama-tama (masuk islam) dari kalangan muhajirin dan anshar..." [At-Taubah : 100] mereka itulah salaf.

Dan engkau apabila mengikuti mereka maka engkau akan mendapatkan apa yang telah mereka dapatkan. ( * )

Tetapi jika engkau menyelisihi mereka maka engkau adalah "khalafiy khilfiy " (pengikut orang-orang belakangan yang berbeda dari pendahulunya). Maka pahamilah ini."

[Al-Ajwibah Adz-dzahabiyyah 'alal as-ilah al-manhajiyyah hal.33]



( * ) Beliau mengisyaratkan kelanjutan ayat ke-100 dari Surat At-Taubah di atas, yaitu :

وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيم.

"....dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar."

Itulah diantara yang akan didapatkan oleh para salaf dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik (salafiy). Wallahu a'lam. (Editor).


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال العلامة الشيخ الجامي رحمه الله :

"السلفية منهج، فهي منهج قديم لذلك كونك سلفي واجب لأن السلفية هي المفهوم الصحيح للإسلام، السلفية خذوها هكذا صريحة

المفهوم الصحيح للإسلام عقيدة وشريعة، فهذه السلفية؛ لأن معنى ذلك نسبة إلى السلف، السلف الذين مدحهم اللهُ، اللهُ في كتابه مدح السلف افهم لأن السالف والسابق بمعنى واحد في قوله تعالى

(وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ...) (التوبة: 100 ) هم السلف

وأنت إن اتبعتهم لك ما لهم

وإن خالفتهم فأنت خلَفي خلْفي افهم هذا"

[الأجوبة الذهبية على الأسالة المنهجية للجامي ص33 ]


Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi