Apakah Salafiyyun Pengikut Madzhab Hanabilah? (Bantahan Untuk Sa'id Aqil Dan Yang Sejenis Dengannya)

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islam Apakah Salafiyyun Pengikut Madzhab Hanabilah? (Bantahan Untuk Sa'id Aqil Dan Yang Sejenis Dengannya)
<Edisi Rudud

Mufti: asy-Syaikh 'Ubaid bin Abdullah al-Jabiri hafizhahullah

Pertanyaan:

"Jazakumullahu khoyron wahai Syaikh kami, ini adalah pertanyaan kedua belas. Berkata sang penanya: Apakah Salafiyyin adalah pengikut madzhab Hanabilah sebagaimana perkataan sebagian manusia?"

Jawaban:

"Salafiyyun-walillahil hamd-tersebar pada semua madzhab yang empat. Diantara mereka ada Hambali (pengikut madzhab al-Imam Ahmad), ada pula Hanafi (pengikut madzhab al-Imam Abu Hanifah), ada yang Maliki (pengikut madzhab al-Imam Malik), dan ada pula yang Syafi'i (pengikut madzhab al-Imam Syafi'i). Mereka berada di antara madzhab yang empat, tidak keluar dari sana.

Maka pernyataan bahwa Salafiyyin adalah pengikut Hanabilah adalah pernyataan yang keliru. Perkataan ini tidaklah diucapkan kecuali oleh orang yang bodoh yang tidak mengetahui keadaan kaum muslimin atau dia seorang pengikut hawa nafsu (ahlul bid'ah) yang ta'ashshub (fanatik). Na'am."

Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

Abu Abdillah Rahmat

6 Jumadal Ula 1439
24 Januari 2018

Arabic

هل السلفيون حنابلة؟
الشيخ عبيد بن عبد الله الجابري حفظه الله:

السؤال:
جزاكم الله خير شيخنا، وهذا السؤال الثاني عشر؛

يقول السائل: هل السلفيين حنابلة كما يقول البعض؟

الجواب:
السلفيون ولله الحمد هم منتشرون في جميع المذاهب الأربعة فمنهم الحنبلي، ومنهم الحنفي، والمالكي، والشافعي، هم بين المذاهب الأربعة، وليسوا خارجين عنها. فالقول بأنَّ السلفيين حنابلة هذا خطأ، هذا لا يقوله إلَّا جاهل ليس عنده بصيرة في أحوال المسلمين، أو صاحب هوى مُتَعَصِّب. نعم.

المصدر:

http://ar.miraath.ovh/fatwah/7211

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi