Shahih Al-Bukhari hadits nomor 29

٢١ - بَابُ كُفۡرَانِ الۡعَشِيرِ، وَكُفۡرٍ دُونَ كُفۡرٍ
21. Bab kufur terhadap suami dan kekufuran di bawah kekufuran (yaitu kufur yang tidak sampai mengeluarkan dari agama)

فِيهِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الخُدۡرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ.
Masuk dalam bab ini hadis dari Abu Sa’id Al-Khudri, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
٢٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ زَيۡدِ بۡنِ أَسۡلَمَ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (أُرِيتُ النَّارَ، فَإِذَا أَكۡثَرُ أَهۡلِهَا النِّسَاءُ، يَكۡفُرۡنَ) قِيلَ: أَيَكۡفُرۡنَ بِاللهِ؟ قَالَ: (يَكۡفُرۡنَ الۡعَشِيرَ، وَيَكۡفُرۡنَ الۡإِحۡسَانَ، لَوۡ أَحۡسَنۡتَ إِلَى إِحۡدَاهُنَّ الدَّهۡرَ، ثُمَّ رَأَتۡ مِنۡكَ شَيۡئًا، قَالَتۡ: مَا رَأَيۡتُ مِنۡكَ خَيۡرًا قَطُّ). [الحديث ٢٩ – أطرافه في: ٤٣١، ٧٤٨، ١٠٥٢، ٣٢٠٢، ٥١٩٧].
29. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Zaid bin Aslam, dari ‘Atha` bin Yasar, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata paling banyak penghuninya adalah para wanita. Mereka kufur.” Ada yang bertanya, “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Nabi bersabda, “Mereka kufur terhadap suami dan kufur terhadap kebaikan. Kalau engkau berbuat baik kepada salah satu dari para wanita itu sepanjang masa, lalu dia melihat sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya), dia akan berkata: Aku tidak melihat ada kebaikan sama sekali darimu.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk kontak pribadi
- Setiap komentar akan dimoderasi