Syarat Bolehnya Tayammum Bagi Orang Yang Takut Dengan Efek Dinginnya Air

AL-UKHUWWAH:
SYARAT BOLEHNYA TAYAMMUM BAGI ORANG YANG TAKUT DENGAN EFEK DINGINNYA AIR
Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah
Pertanyaan:
Apakah benar bahwa orang yang junub dan tidak bisa mandi karena takut dingin, dibolehkan baginya tayammum
sehingga dia bisa mengikuti shalat?
Jawaban:
Jika dia khawatir terjadi efek yang membahayakan bagi dirinya, dia pun tidak memiliki sarana memanaskan air sedangkan dia di daratan dan tidak memiliki sarana memanaskan air, maka dia bertayammum, sebagaimana perbuatan 'Amr bin al 'Ash رضي الله عنه dan disetujui oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم.
Jadi, bila dia khawatir dirinya kedinginan dan dia tidak memiliki sarana memanaskan air sedangkan dia berada di daratan, maka dia bertayammum lalu shalat.
Adapun bila dia berada di negeri, diapun memiliki sarana untuk memanaskan air, maka tidak boleh baginya untuk tayammum. Tidak bolehnya dikarenakan dia memiliki sarana untuk memanaskan air.
http://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/16301
http://t.me/ukhwh
01/10/2017
السؤال: هل صحيحٌ أنَّ من كان جنبًا ولم يستطع الاغتسال خوفًا من البرد، هل صحيحٌ أن له أن يتيمَّم حتى يلحق  بالصلاة؟
الجواب: إذا كان يخاف على نفسه من الضَّرر، ما عنده وسائل تسخين للماء، وهو في البر ولا عنده وسائل تسخين للماء فإنه يتيمَّم، كما فعل عمرو بن العاص -رضي الله عنه-وأقرَّهُ الرسول-صلى الله عليه وسلم-، إذا خاف على نفسه من إصابة البرد، وليس عنده ما يسخِّن به الماء، وهو في بر فإنه يتيمَّم ويصلِّي،  وأما إذا كان في بلد هذا عنده وسائل التسخين، فلا يجوز له أنه يتيمَّم،  ما يجوز، لأن عنده وسائل تسخين.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim