Hindari Banyak Bercanda

HINDARI BANYAK BERCANDA
Asy Syaikh Dr. Muhammad Bin Hadi Al Madkhaly hafizhahullah berkata :
"Bercanda terkadang dibutuhkan oleh seseorang untuk menghibur dirinya namun ia tidak boleh berdusta ketika bercanda.
Adapun banyak bercanda maka bisa mematikan hati seseorang, menjatuhkan kemuliaanya, menghilangkan kewibawaannya, mengeraskan hatinya dan menyebabkan ia lalai dari Allah Tabaraka wa Ta'ala serta mewariskan peremehan di sisi manusia, mereka akan meremehkannya, maka kesungguhan (keseriusanlah) yang akan membuat manusia menghormatinya.
Maka seorang hamba terkadang memerlukan untuk bercanda namun dengan sesuatu yang tidak menghilangkan kewibawaannya, adapun berdusta maka bisa menjatuhkannya, kita meminta kepada Allah al 'afiyah dan keselamatan, dan para penuntut ilmu semestinya bagi mereka untuk menjaga waktu-waktu mereka, dan tidak menghabiskan waktunya dalam candaan yang tidak ada faedahnya dan memperbanyak candaan tersebut, maka tidak sepantasnya bagi seorang muslim menggunakan seluruh waktunya atau mayoritas waktunya untuk bercanda terlebih lagi bagi seorang penuntut ilmu".
Sumber : https://www.miraath.net/ar/content/fatawa/8881817
قال فضيلة الشيخ الدكتور محمد بن هادي المدخلي :
فالمزاح يحتاج إليه الإنسان أحيانًا، يُرَوِّح به عن نفسه، ولكن لا يكذب فيه، أمَّا كثرته :
فهي تميت القلب،
وتُسقط قدر الإنسان،
وتُذهب مهابته،
وتقسي القلب،
وتسبب غفلته عن الله - تبارك وتعالى
 وتورِثه الاستخفاف عند الناس؛ يستخِّفون به، فالجِد هو الذي يوصل المرء إلى احترام الناس له،
فالعبد يأخُذْ بالمزاح أحيانًا لكن بما لا يُذهب هَيْبَته، أمَّا الكذب فيُسقطه، نسأل الله العافية والسَّلامة، وطلبة العلم ينبغي لهم أن يحفظوا أوقاتهم، وألَّا يذهبوها في المزاح الذي لا فائدة فيه، ويُكثروا من هذا، - فلا ينبغي للمسلم أن يُشغل وقته بهذا كُلَّه أو جُلَّه فضلًا عن طالب العلم.
المصدر:
https://www.miraath.net/ar/content/fatawa/8881817
telegram.me/dinulqoyyim
09/10/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim