Barangsiapa Makan Seluruh Kurban Tidak Perlu Berkurban Lagi Namun Bersedekah Meskipun Dengan Membeli Daging Yang Baru

BARANGSIAPA MAKAN SELURUH KURBAN TIDAK PERLU BERKURBAN LAGI NAMUN BERSEDEKAH MESKIPUN DENGAN MEMBELI DAGING YANG BARU
Fatwa Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al 'Abbad hafizhahullah
Pertanyaan:
Apa hukun makan seluruh kurban?

Jawaban:
Hendaknya dia makan, menyedekahkan, dan menghadiahkannya.
Tidak sepantasnya dia memakan seluruhnya. Hendaknya dia memberikan sebagain kurban kepada orang miskin. Baik dengan membaginya atau mengundang sekelompok dari mereka agar mereka makan dan ikut serta makan. Adapun orang yang makan seluruh kurban, maka dia tidak perlu mengilanginya.
Syarh Sunan at Tirmidzi kaset 172

➡Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Orang yang memasak seluruh daging kurban dan memberikannya kepaa kerabatnya tanpa menyedekahkannya. Apakah perbuatan mereka benar?
Jawaban:
Ini sebuah kesalahan. Karena Allah تعالى berfirman:
لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ (الحج:٢٨)
"Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir." (Al Hajj: 28)
Berdasarkan Firman Allah ini, sekarang mereka harus mengganti seluruh kambing yang telah mereka makan dengan daging yang mereka beli lalu mereka sedekahkan.
Majmu' Fatawa Wa Rasail 25/133
http://t.me/ukhwh
03/09/2017
75 _ من أكلها كلها لا يعيد لكن يتصدق ولو بشراء لحم جديد
السؤال: ماحكم أكل الأضحية كلها؟الجواب:يأكل ويتصدق ويهدي ،لا ينبغي أن يأكلها كلها يعطي للفقراء منها ،إما يوزع عليهم ،وإما أن يدعو جماعة منهم يأكلون ويشاركون في الأكل .أما من أكلها كلها لا يعيد
.شرح سنن الترمذي شريط (172)
السؤال: من يقوم بطبخ كامل الأضاحي وجملها مع أقاربه بدون التصدق منها هل عملهم صحيح؟
الجواب: هذا خطأ، لأن الله تعالى قال: (لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ الله فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ) ، وعلى هذا يلزمهم الآن أن يضمنوا ما أكلوه عن كل شاة شيئًا من اللحم يشترونه ويتصدقون به.
مجموع فتاوى ورسائل العثيمين(25/133)

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim