Hukum Memindahkan Jenazah Dari Satu Kota Ke Kota Lainnya

HUKUM MEMINDAHKAN JENAZAH DARI SATU KOTA KE KOTA LAINNYA
Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Apa hukum memindahkan jenazah seperti dari suatu kota ke kota lainnya agar banyak orang yang menshalatinya?
Jawaban:
Ini merupakan kebid'ahan dan suatu yang makruh, kecuali untuk tujuan yang benar maka sah saja. Adapun keberadaan tempatnya lebih utama atau semisalnya maka tidak boleh. Tidak boleh pula dengan tujuan agar penduduk kota yang kedua menshalatkannya.
Selanjutnya saya katakan: wahai saudara-saudara, seseorang itu tidaklah bermanfaat baginya selain amalannya. Orang yang tidak memiliki amalan, sekiranya seribu orang menshalatinya tidaklah mereka bermanfaat baginya kecuali sesuai kadar apa yang mereka berikan manfaatnya kepada orang lain dalam shalat.
Liqa' al Bab al Maftuh 202
http://t.me/ukhwh
16/08/2017

حكم نقل الجنازة من مدينة إلى مدينة أخرى
السؤال: ما حكم نقل الجنازة مثلاً من مدينة إلى مدينة لكي يكثر الصلاة عليها؟الجواب: هذه بدعة ومكروه، إلا لغرض صحيح فيصح، أما لمجرد أن تكون البقعة أفضل أو ما أشبه ذلك، فلا، وكذلك لأجل أن يصلي عليه أهل المدينة الثانية فلا، وأقول: يا إخوان! الإنسان لا ينفعه إلا عمله، الذي ليس عنده عمل لو صلى عليه آلاف الناس لا ينفعونه إلا بمقدار ما ينفعون في الصلاة على غيره.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim