Kapan Seorang Musafir Boleh Berbuka

KAPAN SEORANG MUSAFIR BOLEH BERBUKA
Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i rahimahullah
Pertanyaan: Apakah bagi musafir di bulan Ramadhan boleh berbuka dari rumahnya atau dia harus menempuh perjalanan terlebih dulu?
Jawaban:
الحمد لله رب العالمين ، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله..
Maka boleh bagi musafir yang telah bulat tekadnya untuk safar di bulan Ramadhan untuk makan di rumahnya sebelum keluar, dalil atas hal ini adalah, hadits Anas radhiallahu 'anhu bahwasanya beliau pernah hendak safar lalu dihidangkan makanan kepada beliau, lalu ditanyakan kepadanya tentang hal itu maka beliau menjawab: "Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengerjakan hal ini." Atau dengan yang semakna ini.
Dan telah berlalu dalam pelajaran ash-Shahih al-Musnad mimma Laisa fi ash-Shahihain, dan Syaikh al-Albani rahimahullah telah menulis risalah dalam masalah ini.
Dan bedanya antara puasa dengan shalat, sesungguhnya orang yang berpuasa itu boleh baginya berbuka dari rumahnya jika memang ia telah mempersiapkan safar. Berbeda dengan shalat, maka tidak boleh mengqashar sampai ia keluar dari kampungnya, berdasarkan riwayat dalam ash-Shahihain dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu berkata:
"Rasulullah shallallahu  'alaihi wasallam shalat zhuhur di masjid beliau di madinah empat rakaat, dan shalat ashar di Dzulhulaifah dua rakaat. Hal ini menunjukkan kalau ada perbedaan antara puasa dan shalat.
[Lihat kitab Gharathul Asyrithah 1/462].
Sumber || http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3009
Kunjungi || http://forumsalafy.net/kapan-seorang-musafir-boleh-berbuka/
⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy
31/05/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim