Derma Untuk Berbuka Orang-orang Yang Berpuasa

DERMA UNTUK BERBUKA ORANG-ORANG YANG BERPUASA
Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah
Pertanyaan:
أم حامد من الحوطة تقول : تقوم بعض المؤسسات الخيرية بجمع التبرعات من المسلمين لإعداد مشاريع إفطار للفقراء من المسلمين في شهر رمضان ، فهل من يتبرع لهذه المؤسسات يكون أجر الإفطار قد حصل له أم لابد من قيام الشخص بتقديم الإفطار بنفسه ؟
Ummu Hamid dari al-Hauthah mengatakan: Sebagian lembaga-lembaga sosial bangkit bergerak mengumpulkan derma/shadaqah dari kaum muslimin guna menyiapkan tempat-tempat berbuka bagi orang-orang faqir kaum muslimin di bulan Ramadhan. Apakah orang yang berderma untuk lembaga-lembaga tersebut mendapatkan pahala memberi makan orang-orang yang berpuasa ataukah seorang itu harus memberikan buka puasa itu secara mandiri?
Jawaban:
إذا تبرع المسلم لإفطار الصوام ، فهو مأجور وذلك من الصدقة سواء كان ذلك بنفسه أو بمن يراه من الثقاة أو من الجمعيات الموثوقة .
Apabila seorang muslim berderma untuk memberikan makan bagi orang yang berbuka puasa, maka dia diberi pahala dan termasuk bentuk shadaqah darinya, sama saja dia melakukannya sendiri (mandiri), melalui seorang yang terpercaya, atau melalui berbagai lembaga (yayasan) yang dapat dipercaya.
Sumber || http://www.binbaz.org.sa/fatawa/550
Kunjungi || http://forumsalafy.net/derma-untuk-berbuka-orang-orang-yang-berpuasa/
⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy
30/05/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim