Panjang Umur Dalam Kebaikan

PANJANG UMUR DALAM KEBAIKAN
Itulah yang ideal.
—---------------------
Adapun panjang umur dalam kejelekan dan kemaksiatan, sangat jauh dari harapan dan cita-cita orang yang beriman.
Betapa banyak manusia ingin dipanjangkan umurnya. Sampai-sampai, sebagian mereka mengatakan “Aku ingin hidup seribu tahun lagi.”. Yang jelas, panjang umur telah menjadi harapan sebagian penduduk bumi ini.
Islam sebagai pedoman hidup kita yang sempurna, membimbing pemeluknya untuk memanfaatkan kehidupan ini dengan beribadah.
Tatkala Allah Ta’ala anugerahkan kepada seorang manusia umur panjang, hendaklah ia gunakan untuk memperbanyak amal kebajikan. Dengan itu ia pantas menyandang gelar “Manusia Terbaik”.
Dari shahabat Abdullah bin Busr rodhiyallahu ‘anhu, Bahwasanya Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya oleh satu orang badui; “Siapakah manusia terbaik?”
Beliau shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab:
«طُوبَى لِمَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ»
“Kebahagiaan bagi orang yang panjang umurnya serta baik amalannya.”
[ HR. Ahmad no. 17680, 17698, At-Tirmidzi no. 2329, Ibnu Abi Syaibah no. 34420, Ath-Thobaroni dalam ”Al-Ausath” no. 1441, Abu Nu’aim dalam ”Al-Hilyah” (6/111). Lafadz tersebut diambil dari “Al-Hilyah”. ] , Derajat Hadits: Shohih.
Dishohihkan Asy-Syaikh Al-Albani -rohimahullah- dalam kitab “Shohih Al-Jami’” no. 3928, “Al-Misykah” no. 2270, “Ash-Shohihah” di bawah pembahasan no. 1836.
〰〰〰〰
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahullah menjelaskan, “Tidak boleh bagi kita untuk mendoakan seseorang secara mutlak dengan panjang umur (tanpa dikaitkan dengan kebaikan, pen.). Sebab, panjangnya umur seseorang bisa dalam kebaikan dan bisa dalam kejelekan. Sedangkan, Sejelek-jelek orang adalah yang panjang umurnya dan jelek pula amalannya. 
Seandainya seseorang mengatakan: “Semoga Allah -Ta’ala- panjangkan umurmu di atas ketaatan kepada Allah, dan semisalnya. Yang demikian tidak mengapa.” [ Lihat ”Majmu’ Fatawa wa Rosail al-‘Utsaimin” soal no. 422 (3/71). ]
Wallahul Muwaffiq (AH)
#Kebaikan #Keutamaan #PanjangUmur #AmalSholeh
〰〰➰〰〰
 YOOK NGAJI YANG ILMIAH
 (Memfasilitasi Kajian Islam secara Ilmiah)
 Blog: https://Yookngaji.blogspot.com
 Gabung Saluran Telegram: https://t.me/yookngaji
07/04/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim