Dua Jenis Al-Huda dan Hidayah (Petunjuk)

RALAT:
*RUBRIK AQIDAH*
*BERPEGANG TEGUH DENGAN AL-QUR'AN DAN HADITS
*_Oleh: Syaikh Shalih bin Fawzan al-Fawzan hafizhahullah_*
"Al-Huda dan hidayah (petunjuk) ada dua jenis:
1.Jenis yang pertama: al-huda dengan pengertian petunjuk dan pengajaran serta penjelasan al-haq (kebenaran). Ini hidayah yang umum. Karena Allah تعالى memberi petunjuk kepada seluruh manusia dengan kata lain bahwasannya Allah تعالى menerangkan dan menjelaskan al-haq kepada mereka. Sebagaimana firman Allah تعالى:
وَأَمَّا ثَمُودُ فَهَدَيْنَاهُمْ فَاسْتَحَبُّوا الْعَمَىٰ عَلَى الْهُدَىَٰ
Dan adapun kaum Tsamud, maka mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan) daripada petunjuk (al-huda). (QS. Fushshilat:17).
Al-Huda disini adalah hidayah petunjuk dan pengajaran.
2.Jenis yang kedua: hidayah at-taufiq untuk mengamalkan al-haq dan berpegang teguh dengannya. Ini adalah hidayah yang khusus, tidak terjadi kecuali untuk orang yang beriman dan tidak ada yang memilikinya kecuali Allah سبحانه وتعالى, sehingga tidak ada yang memiliki hidayah  hati kecuali Allah جلا وعلا. Allah تعالى berfirman:
إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. (QS. Al-Qashash:56)
Hidayah petunjuk dan pengajaran dimiliki para rasul dan nabi serta ulama. Mereka semua menunjukkan kepada al-haq (kebenaran) dan menjelaskannya serta memberitahukannya. Oleh karenanya Allah تعالى berfirman kepada nabi-Nya صلى الله عليه وسلم:
وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS. Asy-Syura: 52)
Syarh al-Manzhumah al-Haiyyah hal. 51
WhatsApp Forum Berbagi Ilmu
http://telegram.me/ukhwh
11/03/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim