Beriman Kepada Allah Kemudian Istiqomah

MUTIARA HADITS
HADITS KE-21:
عَنْ أَبِي عَمْرو، وَقِيْلَ: أَبِي عَمْرَةَ سُفْيَانُ بْنِ عَبْدِ اللهِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ قُلْ لِي فِي اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَداً غَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ  [رواه مسلم]
Dari Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdillah radhiyallahu anhu, ia berkata: "Aku telah berkata: ‘Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu’. Bersabdalah Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Katakanlah: Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqamahlah kamu’“.[HR. Muslim].

PENJELASAN HADITS SECARA UMUM:
Sahabat Nabi Sufyan bin Abdillah ats-Tsaqofy meminta kepada Nabi untuk mewasiatkan kepadanya suatu kalimat yang jelas dan mencakup Dienul Islam seluruhnya, sehingga ia tidak akan menanyakan kepada selain Nabi lagi setelahnya.
Nabi kemudian menyatakan: Ucapkanlah (dengan hati dan lisanmu): Aku beriman kepada Allah. Kemudian beristiqomahlah (terus menerus berusaha tetap lurus tidak bengkok) di atasnya hingga meninggal dunia.
Istiqomah artinya adalah terus menerus berada di jalur yang lurus. Berusaha untuk tetap berada di jalur itu hingga meninggal dunia. Berusaha untuk selalu menjalankan ketaatan dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan.
Hadits ini memberikan bimbingan agar seseorang beriman kepada Allah dengan sepenuh iman, dan menjalankan konsekuensi iman tersebut dengan menjalankan ketaatan kepadaNya dan menjauhi laranganNya, serta berkomitmen untuk istiqomah hingga akhir hayatnya.
Seseorang seharusnya berusaha untuk kokoh berkomitmen terhadap keimanannya. Tidak mudah tergoyahkan dengan berbagai gangguan dan penghalang dalam mengarungi kehidupan dunia. Ia terus bertekad untuk istiqomah dalam keimanan hingga maut menjemputnya.
=====================
Dikutip dari Buku " 40 HADITS PEGANGAN HIDUP MUSLIM
(Syarh Arbain anNawawiyah) "
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
✍️ http://telegram.me/alistiqomah
16/03/2017
PERINGATAN! Berikut himbauan al Ustadz Abu Utsman Kharisman terkait Channel Telegram Al-Istiqomah silakan baca di link ini

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim