Sebagian Ulama' Sunnah Memuji Sebagian Ahlul Bida' Apakah Seorang Alim Ini Dihajr (Dengan Sebab Itu) ?

SEBAGIAN ULAMA' SUNNAH MEMUJI SEBAGIAN AHLUL BIDA' APAKAH SEORANG ALIM INI DIHAJR (DENGAN SEBAB ITU) ?

🔘Fadhilatusy Syaikh Ubaid Bin Abdillah Al Jabiry حفظه اللّٰه menjawab :

✍Yang pertama : Aku tidak mengetahui satupun alim sunnah baik dahulu maupun sekarang yang memuji ahlul bida' secara mutlak, hal ini bukan termasuk jalan yang ditempuh oleh salaf.

▪️Dan jika benar ada seorang alim yang memiliki kedudukan dan dakwah yang memuji mereka (ahlul bida') dengan pujian secara mutlak maka kita katakan bahwa hal tersebut merupakan suatu kesalahan dan kita tidak menerima hal tersebut darinya, namun kita tidak memvonisnya sebagai mubtadi' selama ia lurus di atas prinsip-prinsip dakwah salafiyyah di atas manhaj salaf
👉kita tidak memvonisnya mubtadi' selama ia tidak bersikukuh dengan sikapnya tersebut dan selama ia tidak menjadikan sikapnya tersebut sebagai manhaj, maka kalau sampai kepada keadaan tersebut (yaitu ia bersikukuh dengan sikapnya tersebut dan menjadikannya sebagai manhaj baginya) maka ia telah keluar dari sunnah dengan sebab ia melakukan suatu kebid'ahan.

✍Yang kedua : Terkadang seorang Sunny memuji seorang mubtadi' dengan pujian yang terbatas seperti misalnya seorang Asy'ary membantah seorang Rofidhy dan ia menjelaskan kejelekan-kejelekan kaum Rofidhoh maka kita katakan : Si Fulan benar (dalam bantahannya tersebut) dan semoga Allah membalasnya, ia bagus dalam bantahannya, ini adalah pujian yang terbatas bukan pujian secara mutlak, na'am.

📤Sumber : http://miraath.net/quesdownload.php?id=3814

📌 هل يُهجر العالم الذي يمدح بعض أهل البدع ؟

💥سئل العلامة ﻋﺒﻴﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺠﺎﺑﺮﻱ -حفظه الله تعالى-:

(☄) الســ  ـــؤال:
❓أحسن الله إليكم هذا سائل يقول: بعض علماء السنة يمدح بعض أهل البدع فهل يهجر هذا العالم ؟

(📣) الجــ  ـــواب:
✍ أولًا: لا أعلم عالم سنة قديمًا أوحديثًا يثني على أهل البدع ثناءً مطلقًا أبدًا، هذا ليس من مسلك السلف وإن صح أن عالمًا له مقامه وله دعوته أثنى على هؤلاء ثناء مطلقًا فنقول هذا خطأ و لا نقبله منه، لكن لا نبدعه ما دام أنه مستقيم على أصول الدعوة السلفية المباركة على المنهج السلفي المبارك لا نبدعه ما لم ينافح عن هذا ويعاند ويعتقده منهجًا فهذا خرج من السنة بركوبه بدعة.

✍ ثانيًا: يكون أحيانًا ثناء من سني على مبتدع ثناء مقيدًا كأن يرد مثلًا أشعري على رافضي ويبين مخازي الرافضة فنحن نقول أصاب فلان، شكر الله له أحسن في هذا ثناء مقيد لا ثناء مطلق،نعم.

http://miraath.net/quesdownload.php?id=3814

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️📚✍
telegram.me/dinulqoyyim
[ 22/11/2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim