Menahan Berkemih Karena Takut Dingin

______
Menahan Berkemih Karena Takut  Dingin

#Fatwa Fiqhiyah

🔐 *P E R T A N Y A A N*
Bagaimana pendapat anda wahai Syaikh terhadap mereka yang menahan kencing untuk shalat dan menjaga agar tetap diatas wudhunya dan itu dilakukan karena cuaca yang dingin atau karena sebab lain, apakah ada sesuatu disana (dosa)?

💺Syaikh Muhammad bin Solih Al Utsaimin
🔓🔑 *J A W A B A N*
Iya, dikarenakan dia telah melakukan kemaksiatan terhadap Nabi shallallahu alaihi wasallam, dan Rasulullah telah bersabda:

لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ الأَخْبَثَانِ“

"Tidak ada shalat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada shalat bagi yang menahan (kencing atau buang air besar).” (HR. Muslim no. 560).

Apabila seseorang shalat dalam keadaan dia menahan kencing atau buang air besar maka dia sungguh telah bermaksiat kepada Rasulullah, bahkan sebagian ulama berpendapat bahwa tidak ada sholat(pahala) untuknya dalam keadaan ini, dan wajib baginya untuk melepaskan apa yang dia tahan.

Kemudian kita katakan:
Jika didapati air dan mampu untuk menggunakan air tersebut tanpa ada bahaya maka dia harus berwudhu, namun jika dia tidak mendapati air, atau dia takut ada bahaya jika menggunakan air, yang demikian ini perkaranya sangat luas dan alhamdulillah maka dia bertayamum dan sholatnya dia dengan Tayammum tidak perlu menahan kencing atau buang air besar dan sholatnya dia dengan tayammum ini lebih baik dibandingkan sholatnya dia dengan wudhu namun dia menahan kencing dan buang air besar.

Hendaknya dia sadar dan ingat jika dirinya hendak shalat dalam keadaan dia menahan kencing dan buang air besar dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ الأَخْبَثَان

Jika dia teringat ini, maka dia tidak akan pergi untuk shalat dalam keadaan dia sedang menahan kencing dan buang air besar.

                ……………………

🚩۞ فوائـد وأقـوال العلماء ۞🚩:
⛔ حكم من يحبس البول حفاظ على الوضوء بسبب البرد⛔

♻ الســــــــؤال:

👈🏽 ﻣﺎ ﺭﺃﻱ ﻓﻀﻴﻠﺘﻜﻢ ﻓﻴﻤﻦ ﻳﺤﺒﺲ ﻧﻔﺴﻪ ﻋﻦ اﻟﺒﻮﻝ ﻷﺟﻞ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺤﻔﺎﻅ ﻋﻠﻰ اﻟﻮﺿﻮء ﻭﺫﻟﻚ ﻟﻞﺑﺮﺩ ﺃﻭ ﻷﻱ ﺷﻲء ﺁﺧﺮ ﻓﻬﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻲء؟

✅ﻓﺄﺟﺎﺏ الشيخ ابن عثـيمين ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ

👈🏽 ﻧﻌﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻲء ﻷﻧﻪ ﻋﺼﻰ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻘﺪ ﻗﺎﻝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ (ﻻ ﺻﻼﺓ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﻃﻌﺎﻡ ﻭﻻ ﻭﻫﻮ ﻳﺪاﻓﻌﻪ اﻷﺧﺒﺜﺎﻥ)
ﻓﺈﺫا ﺻﻠﻰ اﻹﻧﺴﺎﻥ ﻣﻊ ﻣﺪاﻓﻌﺔ اﻟﺨﺒﺚ اﻟﺒﻮﻝ ﺃﻭ اﻟﻐﺎﺋﻂ ﻓﻘﺪ ﻋﺼﻰ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﻞ ﻗﺪ ﺫﻫﺐ ﺑﻌﺾ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﺇﻟﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﺻﻼﺓ ﻟﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﺤﺎﻝ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﺘﺨﻠﻰ ﺃﻱ ﺃﻥ ﻳﺒﻮﻝ ﺃﻭ ﻳﺘﻐﻮﻁ ﺛﻢ ﻧﻘﻮﻝ ﺇﻥ ﻭﺟﺪ اﻟﻤﺎء ﻭﻗﺪﺭ ﻋﻠﻰ اﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺑﻼ ﺿﺮﺭ ﻓﻠﻴﻔﻌﻞ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺠﺪ اﻟﻤﺎء ﺃﻭ ﻛﺎﻥ ﻳﺨﺎﻑ اﻟﻀﺮﺭ ﺑﺎﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻓﺎﻷﻣﺮ ﻭاﺳﻊ ﻭﻟﻠﻪ اﻟﺤﻤﺪ ﻓﻠﻴﺘﻴﻤﻢ ﻭﺻﻼﺗﻪ ﺑﺘﻴﻤﻢ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﺪاﻓﻌﺔ اﻟﺒﻮﻝ ﺃﻭ اﻟﻐﺎﺋﻂ ﺧﻴﺮ ﻣﻦ ﺻﻼﺗﻪ ﺑﻮﺿﻮء ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﺪاﻓﻌﺎ ﻟﻠﺒﻮﻝ ﻭاﻟﻐﺎﺋﻂ ﻭﻟﻴﺴﺘﺤﻀﺮ ﺇﺫا ﺩﻋﺘﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﺼﻼﺓ ﻭﻫﻮ ﻳﺪاﻓﻊ اﻷﺧﺒﺜﻴﻦ ﻗﻮﻝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ
(ﻻ ﺻﻼﺓ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﻃﻌﺎﻡ ﻭﻻ ﻭﻫﻮ ﻳﺪاﻓﻌﻪ اﻷﺧﺒﺜﺎﻥ) ﻓﺈﺫا اﺳﺘﺤﻀﺮ ﻫﺬا ﻓﺈﻧﻪ ﻟﻦ ﻳﺬﻫﺐ ﻳﺼﻠﻰ ﻭﻫﻮ ﻳﺪاﻓﻊ اﻷﺧﺒﺜﻴﻦ.🔰

📚〖 فتـاوى نـور علـى الــدرب 〗
    ➖〰➖〰➖〰 ➖〰
🌐 قناة:🔹فوائـد وأقـوال العلماء🔸
https://goo.gl/IoFp59

┄┄┉┉✽̶»̶̥🌼»̶̥✽̶┉┉┄┄
📇 *Jendela Sunnah*

Tidak akan seseorang dikatakan Berilmu hingga dia mau mengamalkan apa yang dia ketahui

🖥 Website resmi Jendela Sunnah || www.jendelasunnah.com
📮Chanel Jendela Sunnah || http://bit.ly/penuhduniailmu
[ 21/11/2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim