Diantara Prinsip-prinsip Dan Ciri-ciri Sururiyyah

DIANTARA PRINSIP-PRINSIP DAN CIRI-CIRI SURURIYYAH

1.Sururiyyah berpemikiran Ikhwanul Muslimin dan prinsip-prinsipnya tidak banyak berbeda dengan prinsip-prinsip pemikiran Ikhwanul Muslimin.
Maka Surury dan Ikhwany ibarat dua sisi dari satu mata uang.

2.Diantara prinsip-prinsip Sururiyyah Irhabiyyah ialah mengkafirkan para penguasa dan memprovokasi massa untuk menentang mereka dan mengajak untuk memberontak mereka serta membangkitkan fitnah-fitnah dan revolusi-revolusi di masyarakat.

3.Diantara prinsip-prinsip Sururiyyah ialah ghuluw dalam permasalahan hakimiyyah dan menjadikannya akar pemikiran takfir dan mencerca penguasa dan mereka dalam permasalahan ini berjalan di atas jalan Ikhwanul Muslimin secara umum dan di atas jalan Sayyid Quthb secara khusus.

4.Diantara prinsip-prinsip Sururiyyah ialah pemikiran yang menyimpang dalam permasalahan-permasalahan jihad dan memutus jihad dari syarat-syaratnya serta membentuk kelompok-kelompok yang diprovokasi untuk membenci penguasa.

5.Diantara ciri-ciri Sururiyyah adalah tenggelam dalam tafsir-tafsir politik terhadap nash-nash (Al Quran)  yang tafsir mereka berporos pada sikap memprovokasi massa melawan para penguasa dan membangkitkan massa untuk memberontak mereka serta memelihara pemikiran-pemikiran revolusi.

6.Muhammad Surur yang dinisbahkan kepadanya Sururiyyah menyusun sebuah kitab tentang dakwah para Nabi yang mengandung tahrif dan penggambaran para Nabi sebagai tokoh-tokoh revolusi bukan sebagai para da'i yang melakukan perbaikan.

7.Diantara prinsip-prinsip Sururiyyah ialah membuat manusia lari dari prinsip mendengar dan taat kepada para penguasa, mengacaukan prinsip ini dan mencela orang-orang yang mendakwahkan prinsip ini serta menganggap lemah hadits-hadits shohih yang mengandung prinsip ini dan mentahrif makna-maknanya.

8.Diantara ciri-ciri Sururiyyah ialah menjatuhkan kedudukan para ulama', mencela mereka dan menggelari mereka dengan gelar-gelar yang membuat manusia lari dari mereka seperti Jamiyyah, Ulama' pemerintah, ulama' haidh dan nifas dan selain itu.

9.Diantara ciri-ciri Sururiyyah adalah memuliakan Sayyid Quthb, mempromosikannya dan mengikat para pemuda dengan kitab-kitab dan pemikiran-pemikirannya serta menampakkannya sebagai teladan bagi mereka.

10.Sururiyyah merupakan jembatan yang menggiring para pemuda kepada kelompok Al Qaedah dan Da'isy (ISIS) maka Sururiyyah merupakan pengasuh  bagi pemikiran-pemikiran ghuluw.

11.Sururiyyah melemparkan para pemuda ke dalam jurang ghuluw hingga mereka berani untuk membunuh jiwa-jiwa dan menumpahkan darah-darah kemudian mereka (Sururiyyah) berlepas diri dari mereka dan lari dari tanggung jawab mereka.

12.Usamah Bin Laden pernah ditanya pada pertemuan surat kabar pada tahun 1997 : "Siapa sosok teladan bagimu di masa ini ?" maka ia menjawab : Syaikh Salman Al 'Audah !!

Sumber : Artikel berjudul "Ushulus Sururiyyah" karya syaikh Ahmad Bin Muhammad Asy Syihhy حفظه اللّٰه.

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️
telegram.me/dinulqoyyim
[ 06/11/2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim