Berkun-yah¹ dengan Selain (Nama) Manusia

*BERKUN-YAH¹ DENGAN SELAIN (NAMA) MANUSIA*

📝 Berkata al-Imam Ibnu 'Utsaimin rahimahullah ketika beliau mensyarah hadits Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Dari radliyallahu 'anhu bahwasanya Nabi ﷺ bersabda:

"Agama ini adalah nasehat..."

📝 Berkata asy-Syaikh:"perkataan penulis "Dari Abu Ruqayyah." Ini adalah (pemakaian) kun-yah dengan (nama)wanita.

✅ Biasanya nama kun-yah dengan memakai nama laki-laki. Tetapi terkadang dengan memakai kun-yah (nama) wanita. Terlebih bila (nama kun-yah) itu sudah terkenal.

✳ Terkadang kun-yah dengan selain (nama) manusia. Seperti Abu Hurairah misalnya. Abu Hurairah terkenal dengan kun-yah ini karena dulunya (tinggal) bersama beliau seekor kucing yang beliau menyayanginya dan dia jinak pada beliau. Lalu beliau berkun-yah dengan Abu Hurairah."

📖 Syarh Arba'in an-Nawawiyyah karya asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah, pada hadits "Agama ini adalah nasehat."

🍏 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🔎 Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman Abu 'Utsman

✒ Catatan Kaki:

1. Kun-yah adalah nama yang diawali dengan Abu(Bapak) atau Ummu(Ibu). Misal Abu Abdillah(nama kun-yah Utsman bin Affan radliyallahu 'anhu), Ummu Abdillah (kun-yah Aisyah radliyallahu 'anha). Atau Ibnu (anak laki-laki dari) atau Bintu(anak perempuan dari). Misal Ibnu Abbas atau Bintu Sirin(anak perempuan Sirin, saudara perempuan al-Imam Muhammad bin Sirin). Dan memakai kun-yah adalah sunnah Rasulullah ﷺ. Wallaahu A'lam.

🇸🇦 Arabic

💫الكُنيةُ بغير الإنسان.

📌 قال الشيخ ابن عثيمين -رحمه الله- عند شرحة لحديث أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيم بْنِ أَوْسٍ الدَّارِيِّ رضي الله عنه أَنَّ النبي صلى الله عليه وسلم قَالَ: (الدِّينُ النَّصِيحَةُ...):

قوله: عَنْ أَبِيْ رُقَيَّةَ 👈هذه كنية بأنثى.

والغالب أن الكنية تكون بذكر، لكن قد تكون بأنثى لا سيما إذا اشتهر.

👈 وقد تكون بغير الإنسان كأبي هريرة مثلاً، فأبو هريرة رضي الله عنه اشتهر بهذه الكنية من أجل أنه كان معه هرة ألفها وألفته فكنّي (أبا هريرة).

📚شرح الأربعين النووية للشيخ ابن عثيمين-رحمه الله- (حديث: الدين النصيحة...).
Dari https://telegram.me/goresanfawaid/295
[ 29/11/2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim