Barangsiapa Yang Allah Kehendaki Baginya Kebaikan Niscaya Allah Akan Memahamkan Baginya Agamanya

🌴BARANGSIAPA YANG ALLAH KEHENDAKI BAGINYA KEBAIKAN NISCAYA ALLAH AKAN MEMAHAMKAN BAGINYA AGAMANYA🌴

🍃عن معاوية رضي اللّٰه عنه قال : قال رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم : (( من يرد اللّٰه به خيرا يفقهه في الدين )).

🍃Dari Mu'awiyah رضي اللّٰه عنه ia berkata : Rosulullah صلى اللّٰه عليه وسلم bersabda :
"Barangsiapa yang Allah menghendaki baginya kebaikan niscaya Allah akan memahamkan baginya agamanya".
Diriwayatkan oleh Al Bukhory dan Muslim.

🍃Diantara faedah-faedah hadits ini :

1⃣Keutamaan memahami agama ini sebab Nabi صلى اللّٰه عليه وسلم menjadikannya tanda yang menunjukkan Allah menginginkan kebaikan bagi hambaNya dimana Ia memberikan taufik kepada hambaNya tersebut untuk menuntut ilmu dan mendapatkannya.

2⃣Keutamaan para 'ulama syariat dikarenakan sesuatu yang menunjukkan keutamaan ilmu syar'i juga menunjukkan keutamaan para pembawa ilmu syar'i tersebut dan mereka adalah orang-orang yang mengumpulkan antara ilmu dan amal.

3⃣Masuk dalam cakupan makna memahami agama ini ialah upaya mendalami aqidah yang pertama kali kemudian mendalami perkara-perkara ibadah dan muamalah dan selain itu dari permasalahan-permasalahan agama, dan yang terpenting untuk diperhatikan ialah ilmu yang berkaitan dengan tauhidullah dalam rububiyyahNya, uluhiyyahNya dan nama-nama dan sifat-sifatNya.

4⃣Bahaya zuhud dalam perkara ilmu syar'i dan bahaya berpaling dari mendalaminya maka barangsiapa yang Allah tidak menghendaki kebaikan untuknya maka Allah tidak akan memahamkan baginya urusan agamanya.

5⃣Ilmu merupakan pemberian dari Allah maka hendaklah seorang hamba meminta kepada RobbNya agar Allah memberinya tambahan ilmu, dan hendaknya ia menempuh jalan menuntut ilmu dengan cara mengambilnya dari para 'ulama robbaniyyin.

6⃣Apabila seorang muslim tidak memungkinkan baginya memperbanyak usahanya dalam menuntut ilmu maka hendaknya ia mempelajari apa yang Allah wajibkan atasnya berupa ilmu tentang tauhid dan urusan-urusan ibadah yang Allah wajibkan atasnya dalam sehari semalam, dan apabila tersamarkan baginya suatu perkara maka hendaknya ia menanyakannya kepada para ulama', Allah Ta'ala berfirman :

(( فاسئلوا أهل الذكر إن كنتم لا تعلمون )).

"Bertanyalah kalian kepada para ulama' apabila kalian tidak mengetahui".

📙Ditulis oleh

Syaikh Ali Bin Yahya Al Haddady -حفظه اللّٰه-

🔗http://www.haddady.com

📲http://cutt.us/uf1Xq

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️📚✍
telegram.me/dinulqoyyim
[ 20/11/2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim