Membangun Semangat Ta'awun & Ukhuwah Dalam Dakwah - Ustadz Luqman Ba'abduh



Membangun Semangat Ta'awun dan Ukhuwah Dalam Dakwah - Ustadz Luqman Ba'abduh
بسم الله الرحمن الرحيم
Rekaman Dauroh Ilmiyah Ma'had Tamamul Minnah, Karawang
Tema : Membangun Semangat Ta'awun & Ukhuwah Dalam Dakwah
Bersama : Al-Ustadz Luqman Ba'abduh hafizhahullah
Tanggal 14-15 Muharram 1438H, 15-16 Oktober 2016
di Masjid Zaenab Ahmad, Ma'had Tamaamul Minnah, Karawang

Audio Kajian 32Kbps bit rate

Unduh Sesi Pertama

http://bit.ly/2dRJCAg (29,9 MB)

Unduh Sesi Kedua

http://bit.ly/2divr3b (12,3 MB)

Unduh Sesi Ketiga

http://bit.ly/2e85sPp (22,7 MB)

Sesi Tanya Jawab

Ahad, 15 Muharram 1438H - 16/10/2016
http://bit.ly/2ebjRcz (12,9 MB)

Nasehat untuk Para Ummahat

Oleh Al Ustadz Luqman Ba'abduh hafizhahullah
✏Penting diingatkan kepada para ummahat pada dasarnya wanita itu aurat, Rasulullah mengatakan:
_*bahwa wanita itu adalah aurat jika dia keluar rumah, dia dibisiki oleh syaithan seolah-olah penampilannya adalah indAh.*_
kamu indah.. kamu cantik.. sehingga tambah bergaya.
Itu pada dasarnya *wanita yang lemah.*
Karenanya syariat membatasi, mengatur cara berpakaian wanita:
-mulai dari bentuknya
-kemudian ukurannya,
-jenis kainnya..
✔dibimbingkan berdasarkan fatawa dan nasehat para Ulama.
Antara lain:
✏Kain yang dipakai untuk wanita *TIDAK DENGAN WARNA YANG GEMERLAP*, tapi warna-warna gelap seperti hitam atau coklat tua, abu-abu dan semisalnya.
Apa harus hitam? Tidak ada dalilnya. Tidak ada dalil yang mengharuskan memakai warna hitam , cuma kebanyakan kaum wanita dan para suami yang menjaga istrinya, lebih senang yang arna hitam karena itu yang paling minim, paling sedikit fitnahnya dibandingkan warna-warna yang lain. walaupun itu warna gelap..
Sehingga dengan ini *dinasehatkan kepada seluruh para ummahat dan juga para suami, untuk mengontrol baju-baju istrinya yang dipakai keluar.*Disortir dari segi warnanya atau dari segi kainnya.
⚠Ada jenis kain yang kalau dipakai itu dia membentuk tubuh, ini juga *TIDAK DIBENARKAN.*
⚠Atau jenis kain yang mengandung hiasan-hiasan, kainnya itu memang jenisnya ada hiasannya,  atau hiasannya pasangan pernik-pernik..
*Para suami wajib mengontrol apa yang akan dipakai istrinya..*
"Mana baju lemarimu, aku mau lihat..."
'Loh kenapa?'
"Sweping.. na'am.. sweping... Ini ada pernik-perniknya, GAK BOLEH..
'Loh, ini mahal, Bi!'
"Buka pernik-perniknya.. lepas.. baru boleh kamu pakai. Yang ini juga banyak renda-rendanya.. kamu ini mau keluar rumah mau belanja sayur atau mau jadi pengantin atau mau karnaval?.. ini masuk lagi.. "
Dan semisalnya..
⚠Ada lagi model cadar.. petnah dibahas oleh asatidzah..
namanya *cadar BUTTERFLY*..
betul yaa pengucapannya betul... makhrojnya betul yaa?
yang belajar makhroj ini, bahasa inggris..
Bentuknya kayak kupu-kupu.. saya ingin tahu bagaimana, tunjukkan coba.. ditunjukkan oleh sebagian asatidzah..seperti ini toh..
laah ini untuk menutupi aurat atau malah justru memperindah❓
Ini kalau dipakai, ustadz.. dia terbang kayak kupu-kupu..
Owh ini mau menggoda namanya.. gak begitu seorang Mukminah.. tidak demikian seorang salafiyyah..
dan seorang suami yang punya cemburu..
*cemburu yang terkontrol dengan ilmu, bukan cemburu yang emosional, dia akan membimbing..*
gak rela istrinya keluar talim seperti ini..
'Gak..gak.. gak.. masuk lagi!'
"Tapi Bi, aku gak ada baju lagi."
'Rekamannya nanti didengar.'
"Tapi ini talim penting..."
'Siapa bilang talim gak penting?? Tapi keluar dengan pakaian ini aku gak suka!'
"Ini perajaran aqidah bab ke 3, Bi"
'Hatta bab 10, nanti saya carikan rekamannya. Dengarkan dirumah."
✔Begitu seorang suami.. LEMBUT TEGES.. TEGES LEMBUT..
Berarti gak boleh marah??
Boleh, pada waktunya.. dengan porsinya..
‼Terkait pakaian wanita ini PENTING DI KONTROL.
Termasuk pula _*KAOS TANGAN*_
Dari pendapat Ulama, adalah bahwa 2 telapak tangan adalah AURAT.. *2 telapak tangan wanita adalah AURAT.*
Sering saya mendapatkan keluhan dan asatidzah lainnya mendapatkan keluhan, 
*beberapa ummahat bermudah-mudahan... belanja tanpa kaos tangan..* *
*atau keluar talim tanpa kaos tangan +sarung tangan*
☝ *ini dinasehati untuk menjaga auratnya* ..
barakallahu fiikum
⚫Terkait masalah ini penting untuk disebutkan, ada sebagian ummahat yang.. masya Allah.. sangat memprihatinkan..
Tanpa saya sebutkan contoh-contoh.. tapi sekedar nasehat secara umum..
✋*Gak pantas seorang Salafiyyah ikut atau masuk ke tempat SPA*..  apa itu SPA.. jualan sepatu? ana yakin antum tahu semua..
Salafiyyah ke sana... ?
Gak pantes..
Perhatian merawat tubuhnya dengan sampai melanggar syariat.. TIDAK DIBERKAHI OLEH ALLAH.. Tidak diberkahi oleh Allah...
Beli obat-obat, alat-alat rias.. bahan-bahan untuk merias wajah, mahal-mahal..
ini berapa? 600 ribu.. yang ini 1,2 juta.. yang itu 1,5 juta.
Ketika giliran, "ini ada donasi untuk tebar majalah"
'berapa?'
"satunya 5000 rupiah."
'ini?'
"15 ribu"
Masya Allah.. kasian... na'am..
durasi 6:46
Whatsapp: syarhus sunnah lin nisaa`
Channel Telegram:
http://bit.ly/syarhussunnahlinnisa
Website:
http://catatanmms.wordpress.com
 --- 000 ---

_*Transkrip Rekaman Dauroh*_
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Nasehat Bagi Ikhwan yang Menitipkan Istrinya di Mobil Kawan (Ikhwan dengan Istrinya

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Oleh Al Ustadz Luqman Ba'abduh hafizhahullah
••••••
Apakah boleh saya menitipkan istri untuk ikut di mobil kawan menghadiri ta'lim atau kajian. 1 mobil disitu ada istri ikhwan, istri teman kita pemilik mobil misalkan. nah saya titipkan istri, jarak kurang lebih 15 menit, kalau macet yaa 20-30 menitlah.
_Artinya tidak safar, kalau tidak safar berarti tidak dipersyaratkan adanya mahram.._
na'am... apakah boleh❓❓
Kalau saran.. *SEBAIKNYA JANGAN*
Tapi kalau secara hukum, saya belum tahu dalil yang melarangnya.
*Selama benar-benar disitu tidak terjadi _KHALWAT_…*
Kedua.. Benar-benar *AMAN*....
*Benar-benar aman harga diri istri antum..*
Istri antum kokoh.. Istiqomah..
Tapi orang lain, tidak kokoh.. tidak istiqomah..
Atau istri antum, bisa saja dia lemah imannya
Akhirnya dia tidak memperdulikan beberapa aturan syariat.
Akhirnya tidak diberkahi ta'limnya..
_Loh apa iya_ ❓
Loh pernah terjadi.. dan mengkhawatirkan..
bahkan kalau di _halabiyyun..halabiyyun Judud_
Tahu _halabiyyun Judud_?
Karena MLM sudah TUTUP BUKU..
Gak ada sekarang MLM.
Selesai sudah..‼
✋Jangan ada yang menyebutkan MLM.
MLM itu artinya apa?  Mutalawwin .. iya salah satu M nya itu Mutalawwin klo ndak salah.
_Mutalawwin_ itu apa artinya?
*Warna-warni... Disini senang sana senang..*
Warna hijau... kadang merah.. kadang ungu..
na'am sekarang enggak.. sudah 1 warna.. Jadi enggak mutalawwin lagi.. sudah halabiyyun.. aslinya keluar.. aslinya yang nampak..
Nah dikalangan halabiyyun itu kadang-kadang bermudah-mudahan memang..
Sebagian mereka berangkat talim.. Ikhwan stir mobil.. disini istrinya disebelah, disana ummahat istri-istrinya ikhwan.. sambil ngobrol..
_Umm ?_ .. kata si ikhwannya..
_Kemaren kok gak hadir ya talim?_
_Iya, kemaren saya ini.._
_Gimana sehat anak-anak?_
Antum cemburu gak istri antum di begitukam❓
Yang gak cemburu.. monggo.. keluar dulu deh..
Na'am.. Perlu dioperasi.. dikasih urat cemburu.. Barakallahu fiikum
*TOLONG.. IMAN KITA INI LEMAH*
*JANGAN BERMUDAH-MUDAHAN...*
*JANGAN BERMUDAH-MUDAHAN*
•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•
•Website:
http://catatanmms.wordpress.com
Durasi 02:58


--- 000 ---

Bagaimana Menangkis Godaan Ijazah, Ujian Persamaan dan Sekolah Formal?

*Transkrip Rekaman Dauroh*
Disampaikan oleh ️Al-Ustadz Luqman Ba'abduh hafidzahullah
----------
Pertanyaan berikutnya...,
Apakah boleh anak-anak ikut ujian persamaan, tingkat SD
Yaaah..., kalau nasehat.., saran.., JANGAN..!
Ndak ustadz supaya sekedar punya ijazah
Na'am.., nanti kalau sudah yang sd berhasil dapat ijazah, kira-kira perlu nggak ikut yang smp ?
Ijazah SD bisa nggak jadi, ee.. kepala kantor ?
Yaaah.., harus ikut tadz smp,
Oh ya, nanti kalau sudah lulus, yang smp juga berhasil dapat ijazah, perlu nggak kira-kira untuk dapat yang sma ?
Iya.., perlu ustadz...
Berarti ikut lagi ?
Kira-kira ijazah sma cukup ?
Jadi satpam saja tampaknya sulit sekarang, na'am
Yaaah.., ijazah atasnya lagi
Tapi saya jamin koq ustadz
Setelah dapat ijazahnya, saya ambil ijazahnya.., saya taruh lemari, nggak boleh diotak-atik
Terus buat apa ?
Bingung kan, jawabnya itu bingung, BUAT APA ?
Kalau antum menyatakan langsung masuk lemari, kunci, nggak diotak-atik
Antum menjamin bahwa antum ISTIQOMAH sampai 10 tahun kedepan. Menjamin kan berarti, diri antum Istiqomah.
10 tahun ke depan antum masih orang yang berpegang teguh dengan hukum-hukum syariat, antum punya jaminan itu, karena ikut asuransi Istiqomah..., na'am
Lah ANAK antum ?
ISTRI antum ?
Antum bisa menjamin 10 tahun kedepan mereka nggak menuntut ?
Bi.., aku mau lihat ijazahnya
Bi.., aku cuman sekedar ingin ikut tes ini lho bi..., sudah dibuka pendaftarannya bi...
Jangan nak..., itu fitnah dunia....
Bi..., aku ini anu bi..., ini bi...
Yaaah.., nggak kuat..
Ya ini..., IJAZAH..!
Akhirnya anaknya ikut pendaftaran inilah, pendaftaran itulah, pegawai inilah, kerja itulah
Yang tadinya semangat untuk anaknya menjadi seorang THOLIBUL ILM
Diharapkan menjadi PEMBINA UMAT, semangat dan kebetulan anaknya pinter
Tapi gara-gara Abi, dan juga Ummi, memfasilitasi jalan, membukakan pintu, yah.., untuk sampai kepada KEMUNGKARAN
Jangankan anak-anak kita, kita aja nggak punya jaminan
TERJADI..., bukan satu, dua atau tiga orang
Seorang, sudah kenal SALAFY, sudah belajar, mungkin sudah aktif dalam banyak kegiatan-kegiatan dakwah
Dia seorang SARJANA, seorang sarjana, punya ijazah S1.
Yaah, S1.., sudah disimpen
Cerita dulu masa-masa kuliah itu gini, waah.., ALHAMDULILLAH.., saya diselamatkan oleh ALLOH..
Berjalan waktu ada problem, dengan teman-teman, ini lagi...
Manhaj itu seperti, nilainya seperti apa.., BPKB sepeda motor
Kapan perlu digadaikan..., digadaikan di BPR dan semisalnya
Subhanalloh, lemari tempat menyimpan ijazah tadi dibuka, klek..., ijazahnya diambil, daftar lagi, kuliah lagi. Sekarang kuliah lagi, MISKIIIN...., ya MISKIIIN..., na'am
Maka dari itu NASEHAT ANA, jangan dibuka PELUANG, anak-anak untuk ikut UJIAN PERSAMAAN sekedar mendapatkan IJAZAH.
IKHLASKAN kamu dalam MENDIDIK ANAK, apa TUJUANMU ? Ingin menjadikan anak antum apa ?
Jadi PEMBINA UMAT ? atau apa ?
Kalau antum ingin anak antum jadi pembina umat, pejuang TAUHID, pejuang SUNNAH, didiklah dengan didikan tauhid dan sunnah
•••••
Durasi 04.40
Ditulis ulang AZS
Sumber audio :
http://bit.ly/ForumBerbagiFaidah

 Whatsapp Salafy Solo
 Channel Telegram:
Https://tlgrm.me/salafysolo
26 Muharram 1438 H
▫▪▫▪▫▪▫
Kamis, 27/10/2016


--- 000 ---
Semoga Bermanfaat...
بارك الله فيكم
المجموعة البركة
Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
©hannel telegram: https://tlgrm.me/ashhabussunnah

✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍
Faidah apa yang antum dapat dari kajian diatas?
Ayo share faidah ilmu di kolom komentar! Bisa berupa resensi, resume, potongan transkrip, atau kesan dan manfaat yang diperoleh setelah menyimak kajian.
Jangan lupa mencantumkan identitas NAMA dan DAERAH ASAL.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim