Apakah Kaum Mu'tazilah Ada Di Zaman Sekarang?

APAKAH KAUM MU'TAZILAH ADA DI ZAMAN SEKARANG ?

▫️Berkata syaikh Muhammad Aman Bin Ali Al Jamy رحمه اللّٰه :

▪️Apabila engkau bertanya : apakah kaum Mu'tazilah ada sekarang ? Na'am, setiap orang yang berpaham Syi'ah maka ia seorang yang beraqidah Mu'tazilah, ambillah kaedah ini : setiap Syi'i (penganut paham Syi'ah) dimulai dari Syi'ah yang paling mendekati sunnah yaitu Zaidiyyah hingga Syi'ah yang paling jauh dari sunnah yaitu Al Imamiyyah Al Ja'fariyyah semuanya di atas aqidah Mu'tazilah.

▪️Madzhab Mu'tazilah ini sempat dianut oleh Abul Hasan Al Asy'ary selama 40 tahun hingga ia menjadi pembesar Mu'tazilah sepeninggal pamannya (hingga kemudian beliau beralih ke madzhab Kullabiyyah dan akhirnya beliau menetapi manhaj Salafus Sholih dan menyusun kitab yang beliau beri judul "Al Ibanah" dan beliau menyebutkan dalam muqoddimah kitabnya tersebut bahwa beliau di atas jalan yang ditempuh Imam Ahlussunnah Wal Jama'ah yakni Imam Ahmad Bin Hanbal dan memujinya dengan pujian yang indah yang sesuai dengan kedudukannya lalu beliau mengumumkan bahwa beliau rujuk kepada manhaj Salafus Sholih).

📝Sumber artikel : http://www.eljame.com/217

 ❍ لِلشَّــيْخ العَلّامـَـة/
مُحَــمَّد أَمَــان الجَــامِّـي
        -رَحِـمَهُ الله-

⬅️ وإذا سألت هل لها وجود الأن !؟ نعم. *كل شيعي فهو معتزلي خذوا هذه قاعدة: كل شيعي بدءً من أقرب الشيعة إلى السنة ، وهم: الزيدية ، ونهايةً إلى أبعدهم الإمامية الجعفرية كلهم على عقيدة الإعتزال في العقيدة. هذه قاعدة* ، هذه المعتزلة عاش فيها أبو الحسن الأشعري نحو أربعين عامًا حتى أصبح إمامًا بعد عمِّه .

📌 الــمَصْــدَر مِـنْ هُنـــ↶ـــا:

[http://www.eljame.com/217]

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️
📱telegram.me/dinulqoyyim
[ 09/10/2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim