Hukum Ngobrol Di Masjid Sebelum Iqomah Ditegakkan

KajianIslamTemanggung, [02.04.16 07:53]
๐Ÿ“ฎ SILSILAH FATWA ULAMA

—◎※◎— ๐Ÿ”˜—◎※◎—

๐Ÿ’ฌ ๐Ÿ’ญ ๐Ÿ—ฏ
HUKUM NGOBROL DI MASJID SEBELUM IQOMAH DITEGAKKAN ❓

—◎※◎— ๐Ÿ”ต—◎※◎—


☑️ Asy-Syaikh Al Utsaimin rahimahullah

❔❓ Pertanyaan : Fadhilatus syaikh, apa pendapat anda tentang orang-orang yang hadir di masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah lantas mereka tersibukkan dengan obrolan di antara mereka sampai ditegakkan shalat.

๐Ÿ”“๐Ÿ”Ž  Jawaban : Apabila mereka masuk masjid lalu mengerjakan shalat tahiyatul masjid & shalat rawatib (jika ada sebelumnya), tatkala mereka telah melakukan hal itu maka yang lebih afdhal bagi mereka adalah menyibukkan diri dengan Al quran, tasbih atau sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Karena mereka senantiasa berada dalam shalat selama mereka menunggu shalat.

❗️Namun jika mereka tersibukkan dengan obrolan yang lain, maka kita lihat.  Jika  perkara yang haram, maka perbincangan mereka tentang hal itu di masjid ketika menunggu shalat akan membuat dosanya semakin besar. Namun jika yang dibicarakan adalah perkara mubah, maka tidak masalah selama tidak mengacaukan (konsentrasi) orang lain.

⚠️ Dengan demikian jika obrolan mereka sampai mengganggu ibadah orang lain, maka tidak halal bagi mereka melakukannya terhadap kaum muslimin.

๐Ÿ“– Sumber : Liqo Al Bab Al Maftuh 48

⚫️⚫️⚫️⚫️⚫️⚫️⚫️

ุงู„ุณุคุงู„:
ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ، ู…ุง ุฑุฃูŠูƒู… ููŠ ุงู„ุฐูŠู† ุฅุฐุง ุญุถุฑูˆุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู„ุฃุฏุงุก ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงุดุชุบู„ูˆุง ุจุงู„ุณูˆุงู„ูŠู، ูˆุงู„ูƒู„ุงู… ููŠู…ุง ุจูŠู†ู‡ู… ุญุชู‰ ุชู‚ุงู… ุงู„ุตู„ุงุฉ؟

ุงู„ุฌูˆุงุจ:

ุฅุฐุง ุฏุฎู„ ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูˆุตู„ูˆุง ุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ูˆุตู„ูˆุง ุงู„ุฑุงุชุจุฉ ุฅู† ูƒุงู†ุช ุงู„ุตู„ุงุฉ ู…ู…ุง ู„ู‡ุง ุฑุงุชุจุฉ ู‚ุจู„ู‡ุง، ูุฅุฐุง ูุนู„ูˆุง ุฐู„ูƒ ูุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ูŠุดุชุบู„ูˆุง ุจุงู„ู‚ุฑุขู† ุฃูˆ ูŠุดุชุบู„ูˆุง ุจุงู„ุชุณุจูŠุญ، ุฃูˆ ุจุฃูŠ ุดูŠุก ูŠู†ูุนู‡ู…؛ ู„ุฃู†ู‡ู… ู„ุง ูŠุฒุงู„ูˆู† ููŠ ุตู„ุงุฉ ู…ุง ุงู†ุชุธุฑูˆุง ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูุฅู† ุชุดุงุบู„ูˆุง ุจูƒู„ุงู… ุขุฎุฑ ู†ุธุฑู†ุง: ุฅู† ูƒุงู† ู…ู…ุง ูŠุญุฑู…، ูุฅู†َّ ุชุญุฏุซู‡ู… ุจู‡، ูˆู‡ู… ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ูˆููŠ ุงู†ุชุธุงุฑ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูŠูƒูˆู† ุฃุดุฏ ุฅุซู…ุงً، ูˆุฅู† ูƒุงู† ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ู…ุจุงุญุฉ، ูู„ุง ุจุฃุณ ุจุฐู„ูƒ ู…ุง ู„ู… ูŠุดูˆุดูˆุง ุนู„ู‰ ุบูŠุฑู‡ู…، ูุฅู† ุดูˆุดูˆุง ุนู„ู‰ ุบูŠุฑู‡ู…، ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ู‡ู… ุงู„ุชุดูˆูŠุด ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†.

ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู„ู‚ุงุก ุงู„ุจุงุจ ุงู„ู…ูุชูˆุญ [48]


▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣

๐Ÿšก Alih Bahasa TIM KITasatu

๐ŸŒ ⓚⓘⓣⓐⓢⓐⓣⓤ
๐Ÿ“ฅJoin Channel Telegram:
http://tlgrm.me/KajianIslamTemanggung

๐ŸŒUntuk faedah lain kunjungi:
www.Tashfiyah.com
www.Serambiharamain.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim