Hukum Menyedekahkan Sepertiga Daging Kurban

*HUKUM MENYEDEKAHKAN SEPERTIGA DAGING KURBAN*

*_Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah_*

*Pertanyaan:*
Wajibkah bersedekah dengan sepertiga dari kurban?

*Jawaban:*
Bersedekah dengan sepertiga dari kurban tidak wajib. Anda boleh memakan semua kurban kecuali barang sedikit yang Anda sedekahkan dan sisanya boleh Anda memakannya karena Allah Ta'ala berfirman:

{فَكُلُواْ مِنْهَا وَأَطْعِمُواْ البَآئِسَ الْفَقِيرَ}

Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” [Al-Hajj: 28]

Kalimat makanlah darinya, kata min bermakna sebagian yakni Minimal bagian dari kurban yang disedekahkan adalah sebagian.

Namun yang utama Anda menyedekahkan dan menghadiahkan serta memakannya.

Kemudian memberi hadiah dan menyedekahkan hanyalah dengan daging mentah tidak dimasak.

Sehingga jika hari 'Id dan Anda berkurban maka kirimkanlah apa yang mungkin kepada orang fakir dan hadiahkanlah apa yang mungkin kepada tetangga dan teman Anda serta makanlah sisanya.

🌏http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=154541

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
[ 08.09.2016 ]
هل يجب التصدق بثلث الأضحية ؟
الجواب: التصدق بالثلث من الأضحية ليست بواجبة؛ لك أن تأكل كل الأضحية إلا شيئاً قليلاً تتصدق به، والباقي لك أن تأكله، لأن الله قال:{فَكُلُواْ مِنْهَا وَأَطْعِمُواْ البَآئِسَ الْفَقِيرَ} أي: وأطعموا منها، و"من" للتبعيض، وأدنى جزء من الأضحية يصدق عليه أنه بعض.
لكن الأفضل أن تتصدق وتُهدي وتأكل.
ثم إن الإهداء والصدقة إنما يكون باللحم النيئ دون المطبوخ، إذا كان يوم العيد وضحيت فأرسل إلى الفقراء ما تيسر، وأهدي إلى جيرانك وأصدقائك ما تيسر وكلِ الباقي.

من فتاوى نور على الدرب/ للإمام العثيمين/ شريط رقم: (321)

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim