Hukum Memberi Nama Anak Perempuan Dengan Nama-nama Dari Alquran

📮 PILIHLAH NAMA YANG BAIK UNTUK BUAH HATI ANDA...

—◎※◎— 📝 —◎※◎—

☑📈 HUKUM MEMBERI NAMA ANAK PEREMPUAN DENGAN NAMA-NAMA DARI ALQURAN

—◎※◎— 📚—◎※◎—

➡ Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah

❓❓Pertanyaan :
Banyak pertanyaan tentang pemberian nama sebagian orang terhadap anak2 perempuan mereka dengan mengambil nama2 dari Al Quran seperti (Bayan). Sebagian lain memberi nama anaknya (Iman). Apakah tindakan ini benar/ tidak? Dan apakah nama tersebut harus diganti jika tidak benar?

📩📨  Jawaban :
Hukum asal pemberian nama adalah mubah. Kecuali apabila ada dalil yang menunjukkan makruhnya keberadaan nama itu atau nama yang semisalnya. Contohnya nama (Barrah), (Abrar)/ (Iman). Semua nama ini dilarang, dalam pengertian hendaknya diganti. Karena Nabi shallallahu alaihi sallam pernah mengganti nama Barrah menjadi Zainab & Juwairiyah.

✅ Adapun nama2 yang tidak menyerupai nama di atas, maka tidak mengapa. Contohnya (Afnan), (Aghshan)/ (Jana) maka tidak mengapa.

📛 Adapun nama (Bayan), saya memandang jangan menggunakan nama tersebut. Demikian pula (Iman), karena ada unsur penyucian diri. Demikian halnya dengan (Abrar).

📓✒ Sumber : Silsilah Liqoat Al Bab Al Maftuh (16).

☑📈 حكم تسمية البنات بأسماء من القرآن

❓❓السؤال:

كثر السؤال عن تسمية بعض الناس بناتهم، بأسماء من القرآن مثل (بيان) وبعضهم يسمون (إيمان) فهل هذا صحيح أم لا؟ وهل يغير الاسم إذا كانت لا تصح التسمية، بهذه الأسماء؟

📩📨  الجواب:

نعم، الأصل في التسمية الإباحة، إلا ما دل الدليل على كراهته بعينه، أو بمثله -فمثلاً- اسم (برة) واسم (أبرار)، واسم (إيمان)، كل هذا ينهى عنه، يعني: يُغيَّر؛ لأن النبي -صلى الله عليه وسلم- غير اسم برة إلى زينب، وإلى جويرية.

وأما ما لا يشبه ذلك، فلا بأس به -فمثلاً- (أفنان) ما فيه بأس، (أغصان) ما فيه بأس، (جنا) ما فيه بأس.

أما (بيان) فلا أرى أن يسمى به، وكذلك (إيمان) لأن فيه شيئاً من التزكية، و(أبرار) كذلك.

📓✒ المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح  [16]

🚡 Islam mengajarkan nama-nama yang indah dan baik untuk putra-putri anda. Ayo terus ambil faidah dengan bergabung bersama kami ...

▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣

🌏 WA KITASATU
📥Join Channel Telegram:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

🌏 9 Dzulhijjah 1437 H
[ 11.09.2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim