Hukum Memberi Nama Anak Perempuan Dengan Nama-nama Dari Alquran

KajianIslamTemanggung, [24.03.16 06:52]๐Ÿ“ฎ SILSILAH FATWA ULAMA

—◎※◎— ๐Ÿ“ —◎※◎—

☑️๐Ÿ“ˆ HUKUM MEMBERI NAMA ANAK PEREMPUAN DENGAN NAMA-NAMA DARI ALQURAN

—◎※◎— ๐Ÿ“š—◎※◎—


➡️ Fadhilatus Syaikh Al Utsaimin rahimahullah

❓❓Banyak pertanyaan tentang pemberian nama sebagian orang terhadap anak2 perempuan mereka dengan mengambil nama2 dari Al Quran seperti (Bayan). Sebagian lain memberi nama anaknya (Iman). Apakah tindakan ini benar/ tidak? Dan apakah nama tersebut harus diganti jika tidak benar?

๐Ÿ“ฉ๐Ÿ“จ  Jawaban : Hukum asal pemberian nama adalah mubah. Kecuali apabila ada dalil yang menunjukkan makruhnya keberadaan nama itu atau nama yang semisalnya. Contohnya nama (Barrah), (Abrar)/ (Iman). Semua nama ini dilarang, dalam pengertian hendaknya diganti. Karena Nabi shallallahu alaihi sallam pernah mengganti nama Barrah menjadi Zainab & Juwairiyah.

✅ Adapun nama2 yang tidak menyerupai nama di atas, maka tidak mengapa. Contohnya (Afnan), (Aghshan)/ (Jana) maka tidak mengapa.

๐Ÿ“› Adapun nama (Bayan), saya memandang jangan menggunakan nama tersebut. Demikian pula (Iman), karena ada unsur penyucian diri. Demikian halnya dengan (Abrar).

๐Ÿ““✒️ Sumber : Silsilah Liqoat Al Bab Al Maftuh (16).


☑️๐Ÿ“ˆ ุญูƒู… ุชุณู…ูŠุฉ ุงู„ุจู†ุงุช ุจุฃุณู…ุงุก ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู†

 ❓❓ุงู„ุณุคุงู„:

 ูƒุซุฑ ุงู„ุณุคุงู„ ุนู† ุชุณู…ูŠุฉ ุจุนุถ ุงู„ู†ุงุณ ุจู†ุงุชู‡ู…، ุจุฃุณู…ุงุก ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ู…ุซู„ (ุจูŠุงู†) ูˆุจุนุถู‡ู… ูŠุณู…ูˆู† (ุฅูŠู…ุงู†) ูู‡ู„ ู‡ุฐุง ุตุญูŠุญ ุฃู… ู„ุง؟ ูˆู‡ู„ ูŠุบูŠุฑ ุงู„ุงุณู… ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ู„ุง ุชุตุญ ุงู„ุชุณู…ูŠุฉ، ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุณู…ุงุก؟

๐Ÿ“ฉ๐Ÿ“จ  ุงู„ุฌูˆุงุจ:

 ู†ุนู…، ุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุงู„ุชุณู…ูŠุฉ ุงู„ุฅุจุงุญุฉ، ุฅู„ุง ู…ุง ุฏู„ ุงู„ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ูƒุฑุงู‡ุชู‡ ุจุนูŠู†ู‡، ุฃูˆ ุจู…ุซู„ู‡ -ูู…ุซู„ุงً- ุงุณู… (ุจุฑุฉ) ูˆุงุณู… (ุฃุจุฑุงุฑ)، ูˆุงุณู… (ุฅูŠู…ุงู†)، ูƒู„ ู‡ุฐุง ูŠู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡، ูŠุนู†ูŠ: ูŠُุบูŠَّุฑ؛ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุบูŠุฑ ุงุณู… ุจุฑุฉ ุฅู„ู‰ ุฒูŠู†ุจ، ูˆุฅู„ู‰ ุฌูˆูŠุฑูŠุฉ.

 ูˆุฃู…ุง ู…ุง ู„ุง ูŠุดุจู‡ ุฐู„ูƒ، ูู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ -ูู…ุซู„ุงً- (ุฃูู†ุงู†) ู…ุง ููŠู‡ ุจุฃุณ، (ุฃุบุตุงู†) ู…ุง ููŠู‡ ุจุฃุณ، (ุฌู†ุง) ู…ุง ููŠู‡ ุจุฃุณ.

 ุฃู…ุง (ุจูŠุงู†) ูู„ุง ุฃุฑู‰ ุฃู† ูŠุณู…ู‰ ุจู‡، ูˆูƒุฐู„ูƒ (ุฅูŠู…ุงู†) ู„ุฃู† ููŠู‡ ุดูŠุฆุงً ู…ู† ุงู„ุชุฒูƒูŠุฉ، ูˆ(ุฃุจุฑุงุฑ) ูƒุฐู„ูƒ.

๐Ÿ““✒️ ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ุณู„ุณู„ุฉ ู„ู‚ุงุกุงุช ุงู„ุจุงุจ ุงู„ู…ูุชูˆุญ  [16]

๐Ÿšก Alih Bahasa Tim KITasatu

▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣


๐ŸŒ WA KITASATU
๐Ÿ“ฅJoin Channel Telegram:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

๐ŸŒUntuk faedah lain kunjungi:
www.Tashfiyah.com
www.Serambiharamain.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim