Hikmah Ibadah Kurban

❁✿❁
🔰 Silsilah Fiqih Kurban 🔰
━━━━━━━━━━━━━━━━━━━
🔘 HIKMAH IBADAH KURBAN.
━━━━━━━━━━━━━━━━━━━ 
✍ Berkata As-Syaikh Azhar Sunaiqrah _hafizhahullah_:

▪️ *Hikmah disyariatkannya kurban:

"Dan disyariatkannya kurban padanya ada beberapa hikmah yang dalam; diantaranya:

❶). Untuk mengingatkan kembali betapa besarnya pengorbanan kekasih Allah, Ibrahim _'alaihis salam_, dalam memenuhi perintah Rabb-nya _Tabaraka wa ta'ala_; Allah Ta'ala berfirman:

*(وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ)* [سورة الصافات 107]

_"Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar."_ [Qs. As-Shaffat: 107]
Maka sembelihan inilah yang kemudian Allah jadikan sebagai syari'at bagi kekasih-Nya, Muhammad ﷺ.

❷). Sebagai bentuk kebahagiaan bagi umat pada hari ini; berdasarkan hadits dari Nubaisyah bin Abdillah _radhiallahu 'anhu_: telah bersabda Rasulullah ﷺ :

*«إِنَّمَا هِيَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرٍ لِلّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ»* [السلسلة الصحيحة (١٧١٣)]

_"Sesungguhnya itu hanyalah hari makan dan minum serta dzikir karena Allah 'Azza wa Jalla." [As-Silsilah As-Shahihah no. (1713)].

❸). Turut serta bersama jamaah haji; sebagaimana bagi para jamaah haji ada penyembelihan hewan di dalam manasik mereka, maka sesungguhnya bagi penduduk negeri pun ada kurban bagi mereka.

❹). Menghasilkan ketakwaan; Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

*(لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ)* [سورة الحج 37]

_"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik."_ [Qs. Al-Hajj: 30].

❺). Mewujudkan keragaman dalam ibadah; dan kalau sekiranya semua ibadah dalam satu bentuk tentulah hal itu akan memberatkan manusia, dan ini termasuk dari kenikmatan yang Allah 'Azza wa Jalla berikan kepada umat ini.

➏). Menampakkan keindahan islam; yaitu dengan jalan berbuat baik dalam menyembelihnya berdasarkan sabda Nabi ﷺ akan hal itu:

*«إِنَّ اللّٰهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلىٰ كُلِّ شَيءٍ؛ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا القِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحَدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ».* [مسلم (١٩٥٥)]

_"Sesungguhnya Allah telah mewajibkan perbuatan baik pada segala sesuatu; maka apabila kamu membunuh maka berbuat baiklah dalam membunuh, dan apabila kalian menyembelih maka berbuat baiklah dalam menyembelih, dan hendaklah salahsatu dari kamu menajamkan senjatanya, dan menenangkan hewan sembelihannya."_ [HR. Muslim no. (1955)].

      •┈┈┈••✦✿✦••┈┈┈•

📚 Al-Udhhiyyah Hikam wa Ahkam, halaman: 2-3.
----------------------
Broadcast by :
_*Ahlus Sunnah Karawang;*_
📜 Channel MutiaraASK,
http://tlgrm.me/MutiaraASK
🌍 Website ASK,
http://bit.ly/BlogASK
💬 BBM Mutiara Salaf,
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE
[ 02.09.2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim