Bolehkah Membuka Wajah Mayit Dan Mengangkat Tangan Ketika Mendoakannya

🌠 SILSILAH FATWA ULAMA

—◎※◎— 📝 —◎※◎—

🔘 BOLEHKAH MEMBUKA WAJAH MAYIT DAN MENGANGKAT TANGAN KETIKA MENDOAKANNYA

—◎※◎— 💎—◎※◎—

✅ Hukum membuka wajah mayit & mengangkat kedua tangan ketika mendoakannya.

✒ Fadhilatusy Syaikh Al Utsaimin rahimahullah

☑ Terkait dengan (pemakaman) mayit, kami pernah menyaksikan ada orang-orang yang membuka wajahnya & ada juga yang tetap menutup wajahnya. Ada pula yang mangangkat kedua tangan untuk mendoakan mayit di kuburan. Apakah ada khilaf dalam hal ini?

🔓 Adapun berkenaan dengan membuka wajah mayit jika telah diletakkan di liang lahad, maka hal ini pernah dilakukan oleh sebagian salaf. Sehingga tidak mengapa seseorang melakukannya. Namun hendaknya dia membuka wajah yang menempel pada permukaan tanah. Bukan seluruh bagian wajahnya. Yaitu menjadikan pipinya menempel pada tanah. Di antara ulama salaf ada yang tidak membuka wajahnya. Ada kelonggaran dalam permasalahan ini.

💧Adapun mendoakan mayit setelah dimakamkan, maka telah ada tuntunannya dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dalam riwayat Abu Dawud, dikisahkan bahwa jika beliau selesai dari pemakaman mayit, bliaupun berdiri lalu bersabda, "Mintalah ampunan untuk saudara kalian & mohonkanlah keteguhan untuknya karena sekarang dia sedang ditanya."

🕸 Sehingga barang siapa mengangkat kedua tangannya ketika memohonkan ampunan untuknya, maka tidak mengapa. Namun seseorang yang tidak mengangkat tangannya & sekedar mengucapkan, "Ya Allah ampunilah dia 3x. Ya Allah teguhkanlah dia 3x" lantas pergi (juga tidak mengapa). Karena beliau hanya mengatakan, "Mohonkanlah ampunan untuk saudara kalian & mintalah keteguhan untuknya."

🌴 Dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika berdoa, maka berdoa kepada Allah tiga kali. Beliaupun memohon ampunan untuk mayit 3x & memohon keteguhan untuknya 3x kemudian pergi.

📚 Sumber : Silsilah Liqoat Al Bab Al Maftuh (82)

•••→→→🇲🇨★🇸🇦←←←•••

✅ حكم كشف الوجه عن الميت ورفع اليدين عند الدعاء له

☑ السؤال:

بالنسبة للميت شاهدنا أناساً يكشفون وجهه، وأناساً يغطون وجهه، وأناساً يرفعون أيديهم على القبور يدعون له، يعني فيه اختلاف؟

📖 الجواب:

أما من جهة كشف وجه الميت إذا وضع في اللحد فقد ورد عن بعض السلف ، فمن فعله فلا بأس، لكنه يكشف الوجه الذي يلي الأرض ليس كل الوجه; يعني: يجعل خده على الأرض. ومن السلف من لا يكشف، فالأمر في هذا واسع. وأما الدعاء له بعد الدفن فقد ثبت عن النبي عليه الصلاة والسلام فيما رواه أبو داود : أنه كان إذا فرغ من دفن الميت وقف عليه وقال: «استغفروا لأخيكم واسألوا له التثبيت فإنه الآن يسأل»فمن رفع يديه عند الاستغفار له فلا حرج عليه، ومن لم يرفع وقال: اللهم اغفر له، اللهم اغفر له، اللهم اغفر له، اللهم ثبته، اللهم ثبته، اللهم ثبته، وينصرف; لأنه قال: استغفروا لأخيكم ثم اسألوا له التثبيت فقط، وكان عليه الصلاة والسلام إذا دعا دعا الله ثلاثاً فيستغفر ثلاثاً للميت، ويسأل له التثبيت ثلاثاً ثم ينصرف.

المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح [82]

◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐

✍ Penyelenggaraan jenazah adalah perkara penting bagi setiap muslim. Ayo semangat untuk menpelajarinya ...

🌏 WA KITASATU

📥Join Channel Telegram:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

🌴 Dzulhijjah 1437 H
[ 09.09.2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim