Diantara Bentuk Jual Beli Yang Tidak Sah

*DIANTARA BENTUK JUAL BELI YANG TIDAK SAH*

*_Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah berkata:_*

"Sebagian orang menipu saudaranya karena mengetahui bahwa sebidang tanah akan dilalui jalan sehingga dia pergi ke pemiliknya dan membeli tanah tersebut darinya dikarenakan berharga sekali baginya, namun dia tidak memberitahu pemilik tanah tentang penetapan akan dilaluinya jalan dan akan dibeli dengan harga yang mahal oleh pemerintah.

Hal ini merupakan penipuan yang tidak boleh baginya. Wajib baginya mengatakan: sesungguhnya aku mendengar bahwa pemerintah kelak akan membuka jalan di atas tanahmu dan tentunya kelak tanah ini berharga bagimu.
Sehingga jika mau, dia menjualnya atau menunggunya.

Adapun engkau mengetahui tentang kepastian tanah tersebut akan dilalui jalan dan kelak tanah ini akan berharga mahal sekali sehingga engkau menipu pemilik tanah dan membelinya tanpa memberitahunya, maka ini termasuk ghisy (penipuan).

📀Al-Liqa' asy-Syahri 1

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
[ 18.08.2016 ]
بعض الناس يخدع إخوانه؛ يعلم أن هذه الأرض سيمر بها طريق -شارع- فيذهب إلى صاحبها ويشتريها منه من أجل أن تثمن له، ولا يخبر صاحبها أنه قد تقرر أن يمر بها الشارع وتثمنها الحكومة، وهذا غش لا يحل له، يجب أن يقول: إنني سمعت أن الحكومة سوف تفتح طريقاً على أرضك، وبالطبع سوف تثمن لك الأرض، وحينئذ إن شاء باع وإن شاء انتظر.أما أن تعلم أنه لابد أن يمر الطريق على هذه الأرض وأنه سوف يثمن لهذه الأرض ثمن كبير، فتخدع صاحب الأرض وتشتريها من غير أن تعلمه فإن هذا من الغش.


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim