Awas Ada Harta Warisan yang Haram...

KajianIslamTemanggung, [31.08.16 06:40]===========================
```๐Ÿ’ฐ...AYO PERIKSA LAGI HARTA KITA SEBELUM DI TANYA ALLAH DARI MANA ASALNYA...๐Ÿ’ฐ```
===========================

AWAS ADA HARTA WARISAN YANG HARAM...❗️

✍๐Ÿผ  Ambil segera faedahnya bersama :

Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

๐Ÿ” Pertanyaan :

Ada seseorang yang pernah melakukan jual beli dengan harta yang haram dan mampu menghasilkan keuntungan yang sangat banyak lalu dia meninggal. Apakah ahli warisnya boleh mengelola dan membagi-bagi harta tersebut di antara mereka ❓

๐Ÿ”  Jawaban :

๐Ÿ‘‹๐Ÿผ  Andaikan seseorang memperoleh harta dengan cara yang haram lalu meninggal. Maka harta ini *HALAL* untuk ahli warisnya dan dosanya ditanggung si mayit.

✋๐Ÿฝ  Kecuali jika ahli warisnya mengetahui bahwa harta tersebut secara khusus milik seseorang, maka mereka *WAJIB* mengembalikan kepada pemiliknya.

✊๐Ÿผ  Misalnya seseorang melakukan *GHASAB* terhadap harta orang lain. yaitu dengan melanggar batasan-batasan tanahnya lalu dia meninggal.

Sementara ahli warisnya mengetahui bahwa tanah tersebut milik tetangganya.

Maka mereka *WAJIB* mengembalikan kepada tetangganya karena harta itu adalah milik tetangganya.

๐Ÿ‘Š๐Ÿผ Demikian pula jika seandainya seseorang mencuri sesuatu dan harta curian itu masih ada lalu dia meninggal. Maka ahli waris *WAJIB* mengembalikan harta curian itu kepada pemiliknya.

๐Ÿ“ŒSumber : al-Liqa asy-Syahri 57

ู‡ู„ ุงู„ู…ุงู„ ุงู„ู…ุญุฑู… ูŠุฏุฎู„ ููŠ ุงู„ู…ูŠุฑุงุซ؟

 ุงู„ุณุคุงู„:

 ูŠู‚ูˆู„ ุงู„ุณุงุฆู„: ุฑุฌู„ ูƒุงู† ูŠุจูŠุน ูˆูŠุดุชุฑูŠ ููŠ ุงู„ู…ุญุฑู…ุงุช ูุญุตู„ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุนู„ู‰ ู…ุงู„ ูƒุซูŠุฑ ุซู… ู…ุงุช، ู‡ู„ ู„ูˆุฑุซุชู‡ ุงู„ุชุตุฑู ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุงู„ ูˆุชู‚ุณูŠู…ู‡ ุจูŠู†ู‡ู…؟

 ุงู„ุฌูˆุงุจ:

 ูŠุนู†ูŠ: ู„ูˆ ุฃู† ุฑุฌู„ุงً ูƒุงู† ูŠูƒุณุจ ุงู„ู…ุงู„ ุนู† ุทุฑูŠู‚ ู…ุญุฑู… ุซู… ู…ุงุช؛ ูุฅู† ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุงู„ ุญู„ุงู„ ู„ูˆุฑุซุชู‡ ูˆุฅุซู…ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช، ุฅู„ุง ุฅุฐุง ุนู„ู… ุงู„ูˆุฑุซุฉ ุฃู† ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุงู„ ุจุนูŠู†ู‡ ู„ุดุฎุต ููŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู… ุฃู† ูŠุฑุฏูˆู‡ ุฅู„ูŠู‡، ู…ุซุงู„ ุฐู„ูƒ: ุฑุฌู„ ุบุตุจ ุฃุฑุถุงً ู…ู† ุดุฎุต، ุจุฃู† ุชุนุฏู‰ ุนู„ู‰ ุญุฏูˆุฏู‡، ุซู… ู…ุงุช، ูˆุงู„ูˆุฑุซุฉ ูŠุนู„ู…ูˆู† ุฃู† ู†ูุณ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุฑุถ ู„ุฌุงุฑู‡، ูุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู… ุฃู† ูŠุฑุฏูˆู‡ุง ุฅู„ู‰ ุฌุงุฑู‡، ู„ุฃู† ู‡ุฐู‡ ุนูŠู† ู…ุงู„ู‡، ูˆูƒุฐู„ูƒ ู„ูˆ ุณุฑู‚ ุดูŠุฆุงً ูˆุจู‚ูŠ ุงู„ู…ุงู„ ุงู„ู…ุณุฑูˆู‚ ุนู†ุฏู‡ ุซู… ู…ุงุช ููŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูˆุฑุซุชู‡ ุฃู† ูŠุฑุฏูˆุง ุงู„ุณุฑู‚ุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุงู„ูƒู‡ุง.

ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ุงู„ู„ู‚ุงุก ุงู„ุดู‡ุฑูŠ [57]

๐Ÿ“ป Dengarkan al-Quran setiap saat di Radio Qur'an
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.radioislam

✍๐ŸปWhatsApp ⓚⓘⓣⓐ๐ŸŒⓢⓐⓣⓤ
Kaya itu bukan banyaknya harta kita...
Tapi kaya itu di hati yaitu mensyukuri apa yang telah ALLAH berikan untuk kita ....ayo segera  gabung.
๐ŸŒ Join Channel Telegram:
https://bit.ly/KajianIslamTemanggung

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim