Akhir Yang Indah, Husnul Khotimah di Akhir Hayat - Ustadz Abdurrahman Mubarok


Al Ustadz Abdurrahman Mubarak hafizhahulloh

Berikut audio rekaman kajian beliau pada hari Sabtu, 10 Dzulqo’dah 1437H (13/08/2016) di Masjid Agung Cimahi dengan tema “Akhir Yang Indah, Husnul Khotimah di Akhir Hayat:

[16 KBPS]
Akhir Yang Indah, Husnul Khotimah di Akhir Hayat – Al Ustadz Abdurrahman Mubarak

[32 KBPS]
Akhir Yang Indah, Husnul Khotimah di Akhir Hayat – Al Ustadz Abdurrahman Mubarak

[48 KBPS]
Akhir Yang Indah, Husnul Khotimah di Akhir Hayat – Al Ustadz Abdurrahman Mubarak

RINGKASAN PEMBAHASAN

A. Tanda-Tanda Husnul Khotimah

Meninggal dalam keadaan dimudahkan dalam mengucapkan kalimat “Laa Ilaaha Illalloh” di Akhir Hayatnya. Disini juga menunjukkan pentingnya membimbing (talqin) terhadap orang yang sedang sakratul maut agar ucapan terakhirnya “Laa Ilaaha Illalloh”Ada peluh (keringat) di keningnya.Meninggalnya seorang mukmin di hari atau malam Jum’at. Jika di hari Jum’at, terhitung mulai terbit fajar shodiq (waktu shubuh) sampai dengan terbenamnya matahari di hari Jum’at. Adapun malam jum’at terhitung mulai terbenam matahari di hari Kamis sampai terbit fajar di hari Jum’at. Di antara keutamaannya dilindungi dari Fitnah Kubur yang terkait dengan 3 pertanyaan: “Siapa Robb-mu? Apa Agamamu? Siapa Nabi-mu?”Bagi kaum wanita, meninggalnya seorang wanita ketika melahirkan anaknya, dia juga mendapatkan gelar syuhada. Meski demikian, jenazah wanita yang meninggal ketika melahirkan anaknya tersebut tetap dimandikan, dikafani, disholati sebagaimana jenazah lain pada umumnya namun di akhirat dia mendapatkan gelar syuhada.Seorang mukmin yang meninggal di atas satu amalan sholih.

B. Usaha Agar Mendapatkan Husnul Khotimah

Memperbanyak do’a, khususnya meminta Husnul Khotimah dan terhindar dari Su’ul Khotimah.Bersemangat mendidik anak kita dengan pendidikan Islam di atas sunnah.Bersemangat dalam bergaul dan dekat dengan orang-orang yang baik serta menjauh dari orang-orang yang jelek.Berusaha untuk senantiasa memperbaiki niat dan meningkatkan keikhlasan dalam beramal.

Wallohu A’lam bi showab.

Sumber http://www.fawaidkajianbandung.web.id/akhir-yang-indah-husnul-khotimah-di-akhir-hayat/


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim